Panjat Pinang Massal Bangkitkan Kebersamaan

Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah memberikan semangat kepada peserta panjat pinang di lapangan sepal bola Berkas Kota Bengkulu, Minggu (18/8).

BENGKULU, Bengkulu Ekspress – Panjat pinang masal digelar di lapangan berkas Pantai Panjang Bengkulu dalam memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia ke-74 tahun. Sebanyak 50 batang pinang yang telah dilumuri oli itu dipanjat ratusan warga untuk sampai kepuncak guna mendapatkan berbagai hadiah telah disiapkan.

“Walaupun sulit kami panjat, tapi inilah keseruannya,” ujar salah satu peserta dari Kelurahan Berkas Kota Bengkulu, Anton kepada BE, kemarin (18/8).

Sebanyak 50 batang pinang dengan susunan batang membentuk 74 yang diselenggarakan Pemprov bersama RBTV itu terdapat berbagai hadiah menarik. Seperti sepeda, kipas angin, dispenser, gantungan baju, tudung nasi, tempat sampah, setrika, tempat minum, payung dan berbagai hadiah lainnya.

Menurut Anton, kegiatan ini harus bisa dilakukan setiap tahunnya. “Selain menghiburan, kegiatan ini juga mengajari kita untuk kerja tim,” tambahnya.

Sementara itu, Gubernur Bengkulu, Dr H Rohidin Mersyah yang membuka acara tersebut mengatakan, kegiatan panjat pinang itu jangan hanya dilihat dari hadiahnya, tapi tentang kebersamaannya.

“Kalau hadiahnya mungkin tidak seberapa, tapi kebersamaan itu yang menjadi poin penting diambil dari sebuah permainan panjat pinang,” ujar Rohidin.

Panjat pinang yang juga diikuti oleh TNI, Polisi serta masyarakat umum ini, menurut Rohidin menjadi momen untuk semua pihak menyatu dengan masyarakat. Tidak lain tujuannya untuk meningkatkan kebersamaan. “Ini juga bentuk sinergi antar FKPD dan masyarakat,” tuturnya.

Untuk itu, kegiatan tersebut bisa digalar rutin setiap tahun sehingga HUT kemerdekaan bisa benar-benar dirasakan oleh semua masyarakat. “Mudah-mudahan tahun depan bisa tambah meriah,” tutup Rohidin. (151)




    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*