Pangdam: TNI Siap Bantu Pemda

ARY/BE Pangdam II/Sriwijaya bersama Danrem 041/Gamas, Dandim 0409/Rejang Lebong dan Bupati Rejang Lebong saat meninjau rumah Melisa yang direhab jajaran Kodim 0409/Rejang Lebong.
ARY/BE Pangdam II/Sriwijaya bersama Danrem 041/Gamas, Dandim 0409/Rejang Lebong dan Bupati Rejang Lebong saat meninjau rumah Melisa yang direhab jajaran Kodim 0409/Rejang Lebong.

CURUP, Bengkulu Ekspress – Dalam proses pembangunan yang dilakukan oleh Pemerintah Daerah, tak terkecuali di Kabupaten Rejang Lebong, Pangdam II/Sriwijaya, Mayjen TNI AM Putranto SSos menyatakan anggota TNI bisa membantu pemerintah dalam proses pembangunan.

“Bila memang personil kita dibutuhkan bantuan oleh pemerintah daerah dalam proses pembangunan, kami siap membantu,” terang Pangdam di sela-sela kunjungan melihat kegiatan rehab rumah Melisa yang menjadi pasien Pangdam II/SWJ pada Rabu (10/1) kemarin.

Dijelaskan Pangdam, bentuk bantuan yang dilakukan oleh anggota TNI khususnya di jajaran Kodam II/SWJ adalah apabila ada pemerintah daerah seperti Kabupaten Rejang Lebong melakukan kegiatan sosial yaitu kegiatan bedah rumah. Maka menurutnya pembangunannya nanti bisa dilakukan oleh jajaran TNI seperti yang mereka lakukan yaitu membedah rumah Melisa.

“Kami dari TNI siap karena kami berasal dari rakyat dan untuk rakyat,” tegas Pangdam.

Dalam kesempatan tersebut, Pangdam juga mengimbau agar seluruh kepala desa yang bersentuhan langsung dengan masyarakat untuk selalu mengecek keberadaan warganya, bila nanti ada warga yang membutuhkan bantuan, Pangdam berharap untuk segera dilaporkan ke pemerintah daerah.

“Selain mengandalkan pemerintah daerah, desa juga bisa melakukan kegiatan seperti bedah rumah ini dengan dana desa yang mereka miliki,” jelas Pangdam.

Sementara itu, khusus untuk Melisa yang sudah menjalani operasi jantung di Jakarta beberapa waktu lalu. Pangdam berharap dengan Melisa kedepannya bisa tumbuh layaknya anak seusia dirinya. Yang menjadi perhatian Pangdam adalah pendidikannya, karena di usia 11 tahun saat ini Melisa belum bisa baca tulis.

“Untuk pendidikan saya sudah meminta bantuan Pak Bupati agar pendidikan Melisa ini bisa diperhatikan, minimal ia bisa baca tulis, karena untuk sekolah formal, sekarang sudah telat,” jelas Pangdam.

Selain itu, dengan Melisa bisa baca tulis serta menempati rumah baru nanti, Pangdam berharap kehidupan Melisa dan keluarga akan lebih baik lagi kedepanny.

Disisi lain Pangdam juga mengungkapkan bahwa, kegiatan sosial yang ia lakukan tersebut bukan hanya terhadap Melisa saja, melainkan juga didaerah lain yang ada di wilayah Kodam II/Sriwijaya. Salah satu kegiatan yang selama ini sering dilakukan Pangdam adalah terkait dengan penyediaan air bersih dibeberapa daerah yang membutuhkan air bersih.

Berdasarkan pantauan Bengkulu Ekspress, pada hari kedua kunjungan Pangdam II/SWJ ke Rejang Lebong Rabu pagi selain berkunjung ke rumah Melisa yang masih dalam tahap pembangunan. Pangdam juga memberikan penghargaan kepada Dandim 0409/Rejang Lebong, Letkol Kav Budi Wirman SSos dan jajarannya yang telah ambil bagian dalam pembangunan rumah Melisa.

Selain itu, dilapangan Kantor Camat Curup Timur jajaran Korem 041/Gamas melaksanakan kegiatan bakti sosial berupa pembagian paket Sembako, donor darah, sunatan massal hingga pengobatan gratis.

Dalam kegiatan tersebut, Pangdam bersama ibu di dampingi oleh Bupati Rejang Lebong DR (HC) H A Hijazi SH MSi, Danrem 041/Gamas dan jajarannya.(251)