Pangdam Sriwijaya Resmikan Brigif 8/Garuda Cakti Kodam II/Sriwijaya

Foto IST/ BE – Pangdam II Sriwijaya Mayjen TNI Agus Suhardi melakukan peresmian satuan baru Brigade Infanteri 8/Garuda Cakti sekaligus pelantikan Komandan Brigade Infanteri 8/Garuda Cakti serta alih kodal Yonif 141/AYJP dan Yonif 144/JY.

BENGKULU, Bengkuluekspress.com – Pangdam II Sriwijaya Mayjen TNI Agus Suhardi melakukan peresmian satuan baru Brigade Infanteri 8/Garuda Cakti sekaligus pelantikan Komandan Brigade Infanteri 8/Garuda Cakti serta alih kodal Yonif 141/AYJP dan Yonif 144/JY. Pangdam ll/Swj melakukan peresmian satuan baru itu di Mako Brigif 8/Garuda Cakti, di Desa Guruh Agung Kecamatan Padang Ulak Tanding Kabupaten Rejang Lebong Provinsi Bengkulu pada Rabu, (31/3).

“Peresmian, penataan dan pembentukan satuan baru di jajaran TNI AD, sudah melalui kajian strategis dan evaluasi yang mendalam terhadap berbagai aspek, sehingga terwujud stabilitas pertahanan negara, khususnya di wilayah Kodam II/Swj,” kata Mayjen TNI Agus Suhardi.

Ia menjelaskan, pembentukan Brigade Infanteri 8/Garuda Cakti merupakan realisasi keinginan, harapan dan permintaan masyarakat serta Pemerintah Daerah, sebagai wujud kepercayaan masyarakat Bengkulu terhadap Kodam II/Swj.

Sedangkan, lanjutnya Pangdam, alih kodal satuan yaitu Yonif 144/JY dan Yonif 141/AYJP yang sebelumnya berada di jajaran Korem 041/Gamas dan Korem 044/Gapo, dialihkodalkan ke Brigif 8/GC. Hal itu sebagai upaya pemenuhan tuntutan organisasi dalam rangka pembangunan kekuatan pokok minimum atau minimum essential force, yang bertujuan untuk memudahkan komando dan pengendalian.

“Dengan diresmikannya Brigif 8/GC dan alih kodal ini dapat memberikan kontribusi positif dalam menciptakan rasa aman, damai serta mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan terjalin komunikasi yang baik dengan Pemerintah Daerah, Polri dan segenap komponen masyarakat,” ungkapnya.

Ia menambahkan, pihaknya mengucapkan terima kasih, sekaligus penghargaan yang tulus kepada Gubernur Bengkulu, Bupati Rejang Lebong dan seluruh komponen masyarakat, yang telah memberikan dukungan dan kerja sama yang baik, mulai dari penyiapan markas sampai dengan peresmian, sehingga berjalan dengan aman dan lancar. (HBN/rls)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*