Pangdam II/Sriwijaya Resmikan Berigif 8 di Rejang Lebong


Ary/BE
Pangdam II/Swj didampingi Wakapolda dan Wakil Gubernur Bengkulu saat menandatangani prasasti peresmian Brigif 8/CK di Kecamatan PUT, Rabu (31/3)

CURUP,bengkuluekspress.com– Pangdam II/Sriwijaya Mayjen TNI Agus Suhardi meresmikan satuan Brigade Infanteri (Berigif) 8/Garuda Cakti. Persemian Berigif 8/GC ini berada di Kelurahan Pasar Padang Ulak Tanding (PUT) Kabupaten Rejang Lebong dilaksanakan Rabu (31/3).
Dalam sambutannya Mayjen TNI Agus Suhardi berharap hadirnya Brigif 8/GC tersebut bisa memberikan dampak yang positif yaitu terciptanya stabilitas kemanan negara dan bisa mensejahterakan masyarakat terutama masyarakat yang ada di sekitar Brigif 8/GC.
“Hadirnya Brigif 8 ini diharapkan bisa memberikan kontribusi yang positif baik untuk stabilitas keamanan negara maupun kesejahteraan masyarakat,” ungkap Jenderal bintang dua tersebut.

Menurut Pangdam II/Swj, hadirnya Brigif 8/GC di Kabupaten Rejang Lebong tersebut merupakan bagian dari permintaan masyarakat dan pemerintah daerah. Hal tersebut juga sebagai bentuk kepercayaan masyarakat terhadap Kodam II/Swj.
Disisi lain, ia juga mengungkapkan bahwa untuk tahap awal Brigif 8/GC yang ia resmikan kemarin baru membawahi dua Batalyon Infanteri yaitu Batalyon Infanteri 141/Aneka Yudha Jaya Prakosa atau Yonif 141/AJYP dan Batalyon Infanteri 144/Jaya Yudha atau Yonif 144/JY.
“Sementara inti Brigif 8 ini baru membawahi 2 Batalyon, namun itu sudah memenuhi standar minimal yaitu dua Batalyon,” tambah Pangdam.

Dalam kesempatan tersebut, Pangdam juga menyampaikan terima kasihya kepada Pemerintah Provinsi bengkulu dan Pemerintah Kabupaten Rejang Lebong serta masyarakat Provinsi Bengkulu yang telah mendukung hingga hadirnya Brigif 8/CK tersebut.
Sementara itu, Wakil Gubernur Bengkulu Dr H Rosjonsyah SIp MSi mengungkapkan bahwa Pemerintah Provinsi Bengkulu akan mendukung penuh kegiatan TNI yang dilaksanakan di Provinsi Bengkulu.
“Mari kita bersama-sama dukung kegiatan TNI di Provinsi Bengkulu ini, terkait dengan pengembangan Brigif ini kita akan terus melakukan koordinasi dengan Pangdam,” sampai Rosjonsyah.

Disisi lain, Rosjonsyah juga menyampaikan bahwa, hadirnya Brigif yang berlokasi tepat dipinggir jalan lintas PUT-Kota Padang tersebut akan memberikan dampak bagi masyarakat sekitar terutama dampak ekonomi.
Dalam kegiatan kemarin, selain meresmikan Brigif 8/CK, Pangdam II/Swj juga melantik Komandan Brigif 8/CK yaitu Letkol Inf Andar Dodianto Pangabean SIP. Serta alih Kodam Yonif 141/AJYP dan Yonif 144/JY. Dimana sebelumnya Yonif 141/AJYP berada dibawah komando Korem 044/Garuda Dempo sedangkan Yonif 144/JY berada dibawah komanda Korem 041/Garuda Emas.(251)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*