Pangdam II/Sriwijaya Minta Prajurit TNI di Rejang Lebong Sosialisasikan Protokol Kesehatan

Ary/BE
Pangdam II/Sriwijaya saat tiba di Makodim 0409/Rejang Lebong Rabu siang kemarin disambut dengan prosesi adat

CURUP, bengkulu ekspress.com– Pangdam II/Sriwijaya, Mayjen TNI Agus Suhardi mengungkapkan bahwa prajurit TNI Ada merupakan garda terdepan dalam mensosialisasikan pentingnya protokol kesehatan. Hal tersebut disampaikannya saat berkunjung ke Rejang Lebong, Rabu (26/8) kemarin.
“saya sudah menyampaikan, bahwa prajurit Kodam II/Sriwijaya adalah orang-orang yang terdepan dalam mendorong, menggugah, mempengaruhi dan membangkitkan kesadaran masyarakat untuk menjalani protokol kesehatan,” ungkap jendral bintang dua tersebut saat berkunjung ke Makodim 0409/Rejang Lebong rabu siang.

Menurut Pangdam II/Sriwijaya, salah satu yang paling mudah dilakukan untuk mematuhi protokol kesehatan tersebut adalah dengan selalu menggunakan masker. Karena menurutnya dengan menggunakan masker bila yang bersangkitan sakit maka ia tidak akan menularkan penyakitnya. Begitu juga bila orang yang sehat menggunakan masker maka ia tidak akan tertular sakit.
“Begitu pentingnya protokol kesehatan ini sehingga harus kita taati bersama, karena bila mata rantai penyebaran Covid-19 ini putus, maka perekonomian kita akan jalan dan kita akan lebih baik lagi,” tambah Pangdam.

Kemudian terkait dengan penindakan dari para pelanggar protokol kesehatan sendiri, menurut Pangdam kewenangannnya ada di masing-masing pemerintah daerah, sehingga menurutnya masing-masing pemda harus menyiapkan praturan terkait dengan sanksi bagi yang melanggar protokol kesehatan. Bila peraturan sudah ada maka nanti yang akan melakukan penertiban adalah Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dari masing-masing daerah.
“Bila sudah ada peraturan daerah maka yang memberikan sanksi adalah Satpol PP sebagai penegak perda sedangkan kita dari TNI sifatnya hanya membantu,” ungkap Pangdam.

Sementara itu, terkait dengan kunjungannya ke Kodim 0409/Rejang Lebong kemarin, menurut Pangdam merupakan kunjungan pertamanya setelah dipercaya menjadi Pangdam II/Sriwijaya. Sebagai Kodim yang berada dibawah Kodam II/Sriwijaya ia mengaku perlu mengetahui bagaimana situasi dan kondisi yang ada disetiap Kodim yang berada diwilayah Kodim II/Sriwijaya. Dengan mengetahui situasi dilapangan maka menurutnya bila nanti ada kebijakan dari satuan atas maka akan disesuaikan dengan kondisi di masing-masing Kodim.(251)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*