Pancasila Bagian Dari Sejarah Umat Islam

HNW
Muhammad Hidayat Nur Wahid Sosialisasi Empat Pilar

bengkuluekspress.com – Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Republik Indonesia (RI) bekerja sama dengan Yayasan Pendidikan, Sosial dan Dakwah Al Fida Provinsi Bengkulu mengadakan sosialisasi Empat Pilar MPR RI di Hotel Rio Asri Kota Bengkulu, Minggu (17/5).

Dalam kesempatan itu, Wakil Ketua MPR RI Dr. H. Muhammad Hidayat Nur Wahid (HNW), M.A dan Anggota DPR RI Tengku Rozali Abas Adam menjadi narasumber pada Sosialisasi Pancasila, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945 dan ketetapan MPR, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika.

Dalam paparannya, HNW menerangkan bahwa Pancasila dan UUD 1945 merupakan bagian dari sejarah para tokoh umat Islam.

“Dalam perumusan 5 sila yang yang disepakati oleh Bung Karno Pada waktu itu tak terlepas dari peran para tokoh Muslim Indonesia,” ujarnya.

Lanjut HNW, Pancasila dan UUD 1945 tidak bertentangan dengan ajaran Islam. Lima sila yang terkandung sejalan dengan ajaran Islam.

”Dengan mengenal empat pilar ini maka negara Indonesia akan terhindar dari perselisihan dan ketidaknyamanan,” tambahnya.

Senada dengan HNW, Tengku Rozali mempercayai pancasila sebagai dasar negara Indonesia sudah sangat Baik. Ke-lima sila tersebut perlu dijalankan dengan baik pula oleh seluruh elemen masyarakat Indonesia.

“Pancasila sudah bagus, jangan sampai kitanya yang tidak bagus,” Tengku mengingatkan. (Angga)