PAN Mendapat Catatan

KPU Rejang Lebong saat melakukan verifikasi faktual di kantor DPC Hanura Rejang Lebong Rabu (31/1) kemarin. Dari 8 partai yang diverifikasi, hanya PAN yang dinyatakan belum memenuhi syarat.
KPU Rejang Lebong saat melakukan verifikasi faktual di kantor DPC Hanura Rejang Lebong Rabu (31/1) kemarin. Dari 8 partai yang diverifikasi, hanya PAN yang dinyatakan belum memenuhi syarat.

CURUP, Bengkulu Ekspress – Dihari kedua verifikasi faktual terhadap Parpol lama calon peserta Pemilu serentak tahun 2019 mendatang, KPU Rejang Lebong melakukan verifikasi terhadap empat Parpol.

Empat Parpol yang dilakukan verifikasi pada Rabu (31/1) kemarin adalah Partai Demokrat, PAN, Hanura dan Gerindra. Dari empat Parpol yang diverifikasi tersebut hanya satu partai yang belum memenuhi syarat yaitu PAN.

“Dari empat partai yang kita verifikasi hari ini, hanya PAN yang belum memenuhi syarat,” terang Ketua KPU Rejang Lebong, Halid Saifullah SH MH.

Dijelaskan Halid, PAN Kabupaten Rejang Lebong dinyatakan belum memenuhi syarat dikarenakan ada beberapa faktor, diantaranya keterwakilan perempuan dalam pengurus Parpol yang belum mencapai 30 persen, kemudian banyak pengurus Parpol yang diajukan PAN sudah tidak aktif lagi. Sehingga KPU menyatakan PAN belum memenuhi syarat.

“Meskipun belum memenuhi syarat, namun masih ada waktu PAN untuk memperbaikinya, dan DPC PAN sudah menyatakan siap untuk memperbaikinya,” tambah Halid.

Dijelaskan Halid, untuk penyampaian berkas kepengurusan Parpol sendiri sesuai dengan tahapan yang berlaku akan berlangsung hingga hari ini Kamis (1/2) ini, namun bila nanti masih terdapat kesalahan maka bisa dilakukan perbaikan hingga tanggal 5 Februari mendatang.

Sementara itu, hingga Rabu kemarin total Parpol lama yang sudah diverifikasi KPU Rejang Lebong sebanyak 8 Parpol termasuk PAN. Dimana untuk 7 Parpol lainnya menurut Halid sudah memenuhi syarat. Di sisi lain, untuk hari ini yang merupakan hari terakhir tahapan verifikasi Parpol, KPU Rejang Lebong akan memverifikasi 4 Parpol lainnya yaitu PKPI, PKB, Nasdem dan PBB.

Sementara itu, Ketua DPC Hanura Kabupaten Rejang Lebong, Arsop Dewana SE saat dikonfirmasi usai verifikasi faktual di Kantor DPC Hanura Rejang Lebong mengungkapkan bahwa DPC Hanura Kabupaten Rejang Lebong dinyatakan KPU Rejang Lebong telah memenuhi syarat.

“Setelah dilakukan verifikasi barusan (kemarin), Alhamdulillah KPU menyatakan kita memenuhi syarat, termasuk keterwakilan perempuannya sudah kita penuhi,” terang Arsop.

Senada dengan yang disampaikan Arsop, Ketua DPC Demokrat Rejang Lebong, Zulkarnain Thaib juga mengupkan bawah DPC Demoktrat Rejang Lebong dinyatakan KPU Rejang Lebong telah memenuhi syarat. Bahkan menurutnya dari persyaratan minimal yang seharusnya mereka penuhi.

“Khusus untuk keterlibatan perempuan Demokrat sudah memenuhi bahkan tidak hanya 30 persen melainkan 33 persen,” terang Zulkarnain.(251)