Pamsimas Diprioritaskan untuk Desa Tangani Stunting

Rapat pembahasan desa desa penerima program Pamsimas.

TAIS, bengkuluekspress.com – Kemarin, beberapa desa di Kabupaten Seluma dipersiapkan untuk penyampaian usulan desa sasaran program Pamsimas III tahun 2021 dengan menitik beratkan pada desa prioritas penanganan stunting tahun 2021.

“Berdasarkan Juklak dan Juknis prioritas penerima program Pamsimas III Tahun 2021 diprioritaskan pada desa penanganan stunting tahun 2021,” ujar Kabid Fisik dan Prasarana Sekaligus ketua Pakem, Jimmy Ariaferta ST MT MSc melalui Kasubbid Pengembangan Wilayah dan Kawasan, Gunawan Jonaidi SE bersama fasilitator Kabupaten Seluma kepada wartawan, kemarin.

Dijelaskan, jika desa yang menjadi usulan sasaran masih dalam pembahasan. Mengingat satu persatu desa masih ada yang belum menyampaikan proposal.  Ditambahkan, beberapa desa sudah menyatakan minatnya serta menyampaikan proposal akan ketertarikannya untuk mendapatkan program air minum dan sanitasi Pamsimas III tahun 2021 mendatang. Hanya saja, tetap akan diusulkan kembali ke Bupati Seluma untuk ditetapkan dan kembali diusulkan ke Kementerian Ditjen Cipta Karya dan Kementerian PUPR.

“Terpenting administrasi ketertarikan akan program Pamsimas III ini harus kita bahas dan tetapkan melalui bupati Seluma untuk disampaikan kembali dan anggaran pembangunannya dari APBN sebanyak empat desa serta satu desa di alokasikan dari ABPD Seluma, “ujarnya.

Ditambahkan, untuk desa sasaran ini jelas sudah di survei layak atau tidaknya.  Termasuk untuk menyampaikan ketertarikannya dengan surat pernyataan dan proposal. Terpenting, desa bisa untuk melakukan perawatan serta pemeliharaan kedepannya. Kedepan, apabila masih ada pembangunan Pamsimas, maka desa yang lain akan dibangunkan juga sesuai dengan kriteria yang ada.

“Untuk tahun depan usulan Pamsimas akan diajukan sebanyak mungkin sesuai dengan prosedur dan aturan yang berlaku,” ujarnya. (333)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*