Pamsimas Berlanjut

ILUSTRASI
Foto : IST

KEPAHIANG, Bengkulu Ekspress – Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Alami yang jadi suplai utama air ke rumah warga sering mengalami kendala teknis hingga suplai air tidak lancar. Untuk itu, Pemkab Kepahiang melalui Dinas Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR) getol menggaet program nasional untuk sarana air bersih bagi masyarakat. Salah satunya Program Nasional Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) dan tahun ini program Pamsimas berlanjut.

“Program Pamsimal terus berlanjut, agar sarana kebutuhan air masyarakat bisa dipenuhi untuk seluruh daerah,” ungkap Pelaksana tugas Kepala Dinas PUPR Rudy Silaloho ST.

Dalam dua tahun terakhir terdapat 42 titik Pamsimas yang berhasil dibangun pemerintah, dengan lokasi tersebar di 8 kecamatan. Rudy mengimbau desa yang sudah mendapatkan pembangunan Pamsimas di Kabupaten Kepahiang, agar bisa melakukan perawatan sarana prasarana yang sudah dibangun. Sehingga, tidak ada kerusakan alat yang bisa menghambat laju suplai iar kerumah-rumah warga penerimah manfaat Pamsimal.

“Padac2017 dan 2018, ada kita dapat alokasi Pamsimas dan loby kepusat terus dilaksanakan agar daerah ktia terus mendapatkan kuota,” ujarnya.

Sementara, Distrik Coordinator (DC) Pamsimas Kabupaten Kepahiang Andi Jusita ST melalui Fasilitator Senior M Syarifuddin ST mengatakan, pada 2019 ada pembangunan 11 titik Pamsimas baru. Delapan titik melalui pendanaan APBN dan tiga titik dianggarkan APBD Kepahiang.  “Ada sebelas untuk tahun ini, 8 titik dari pusat. Kalau untuk APBD kemungkian diakhir tahun pembangunannya,” terang Udin. (320)




    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*