Pagi UN Formal, Siang Non Formal

un 2013BENGKULU, BE – Ada yang berbeda dalam penyelenggaraan UN ditahun 2013. Sebagaimana yang pernah diberitakan koran ini sebelumnya, UN formal dan non formal dilaksanakan secara serentak. Namun jadwal pelaksanaannya berbeda. Pagi hari mulai pukul 08.00 WIB khusus untuk pelaksaan UN formal. Berikutnya pukul 13.00 WIB giliran warga belajar paket C yang ujian.

Perbedaan waktu ini dikarenakan penyelenggara paket tidak memiliki sarana dan prasana yang tetap seperti disekolah formal. Walaupun berbeda, perlakukan dalam pelaksanaan ujian tetap sama dengan UN formal. Ujian paket tetap diawasi oleh 2 orang pengawas, soal disimpan dan dikawal langsung oleh pihak kepolisian, dan soal yang diujikan sebanyak 20 paket setiap ruang.
“Wacananya seperti itu, UN paket akan sama perlakukannya dengan UN formal. Untuk itu, warga PKBM diharapkan mempersiapkan dirinya secara maksimal,” ungkap Kabid Dikmenti, Drs Nurafik M.Pd.
Tak hanya paket soal yang sama banyaknya, mata pelajaran yang diujikan juga sama dengan siswa formal. Termasuk standar kelulusan UN yaitu 5,5. Khusus untuk UN paket ditahun ini, pemerintah membuka 3 jurusan terdiri dari IPA, IPS dan Kejuruan. Kejuruan, mata pelajaran yang akan diikutinya hanya mata pelajaran umum, seperti PPKN, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris dan Matematika. Berbeda dengan IPA dan IPS yang masing-masing jurusan menambah 3 mata pelajaran yang sesuai dengan disiplin ilmu. Seperti IPS, ditambah Sosiologi, Geografi dan Ekomoni. Sedangkan di IPA, penambahan pelajaran Kimia, Fisika dan Matematika.
Disisi lain, penscanneran hasil UN paket C juga akan berlaku sama dengan UN siswa sekolah formal. Seluruh Lembar Jawaban Komputer (LJK) diperiksa langsung oleh tim scanner perguruan tinggi. Kebijakan ini tentunya berbeda dari tahun sebelumnyayang dilakukan oleh tim scanner Provinsi Bengkulu.
Perubahan ini lanjut Nurafik bertujuan untuk menilai pencapaian kompetensi lulusan secara nasional pada mata pelajaran tertentu  dalam kelompok ilmu pengetahuan dan teknologi. Diharapkan dengan tercapainya target nilai lulusan dapat mengantarkan siswa menjadi lulusan yang unggul di masa kini dan masa depan. (128)