Pagar MTsN 1 Ambruk

Foto berita MTSN 1
APRIZAL/Bengkulu Ekspress :
Kondisi pagar MTs Negeri 1 Bengkulu Utara yang ambruk, kemarin (29/8).

ARGA MAKMUR, Bengkulu Ekspress– Hujan deras yang mengguyur Kota Arga Makmur, Selasa (28/8), mengakibatkan pagar tembok Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 (MTs N 1) Bengkulu Utara di Karang Anyar, Arga Makmur Kabupaten Bengkulu Utara ambruk. Pagar tembok belakang sekolah sepanjang 6 meter tersebut tak kuat menahan air hujan sehingga ambruk dan menutupi saluran air di belakang sekolah tersebut.

Waka Humas MTs N 1 Bengkulu Utara, Ewin Sumanti ketika di temui Bengkulu Ekspress, Rabu (29/8), mengatakan, pagar itu ambruk sekitar pukul 15.00 kemarin, Selasa (28/8.) Dia menduga pagar tembok ambruk akibat tak kuat menahan air hujan karena drainase yang dimiliki ukurannya kecil, sehingga air tergenang di pondasi tembok. Ditambah lagi aliran air siring kecil dibalik tembok mengikis tanah dan pondasi tembok.

“Kemungkinan ambruknya pagar tembok itu karena pondasinya tidak kuat menahan beban air dari atas,” katanya.

Namun, Ewin Sumanti menuturkan, peristiwa itu tidak sampai melukai siswa, karena saat kejadian di sekolah tidak ada kegiatan karena seluruh siswa sudah pulang.

Meski demikian, ambruknya pagar belakang MTs N 1 itu menimbulkan masalah, karena selain birisiko terhadap keamanan sekolah, runtuhan tembok juga menutupi saluran air sehingga dikhawatirkan air akan meluap ke halaman belakang sekolah jika hujan deras kembali turun.Akibat kejadian tersebut, pihak sekolah mengalami kerugian berkisar Rp 2 juta.

“Ambruknya tembok ini sangat mengganggu akfitas disekolah, disebabkan tembok tersebut merupakan tempat para siswa untuk berwudhu,” terangnya.

Ia berharap kepada pemerintah daerah, agar segera memberikan penyuluhan kepada warga disekitar lingkungan sekolah untuk tidak membuang sampah disembarang tempat. Ini salah satu penyebabnya terjadinya banjir. Selain itu juga pemerintah agar menyediakan tempat-tempat pembuangan sampah.”Salah satu penyebab tergenangnya air karena banyak warga sekitar membuang sampah sembarang tempat,” imbuhnya.(cw1)