Padi Gogo Ditargetkan 1500 Ha

Foto : Kabid Tanaman Pangan, Zulian Effendi SP
Foto : Kabid Tanaman Pangan, Zulian Effendi SP

BENTENG, Bengkulu Ekspress – Mendukung program pemerintah dalam mewujudkan swasembada pangan, Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng) menargetkan sebanyak 1.500 hektare lahan akan dimanfaatkan untuk menanam padi gogo.

“Pada tahun 2018 ini, target untuk tanam padi gogo di Kabupaten Benteng adalah seluas 1.500 hektare,” kara Kepala Distan Kabupaten Benteng, Drs Supawan Said melalui Kabid Tanaman Pangan, Zulian Effendi SP.

Membantu meringankan beban petani, sambung Zulian, setiap kelompok tani (poktan) atau gabungan kelompok tani (Gapoktan) akan mendapatkan suntikan dana untuk pembelian bibit dan pupuk selama proses penggarapan lahan prtanian yang berasal dari Pemerintah Pusat melalui Pemerintah Provinsi Bengkulu.

“Dana bantuan akan ditransfer ke masing-masing rekening kelompok. Dana tersebut disalurkan bervariasi disesuakan dengan usulan lahan yang disampaikan,” terangnya.

Dari hasil koordinasi dengan Distan Provinsi Bengkulu, sambungnya, setiap hektar lahan akan mendapatkan bantuan dana sekitar Rp 8 juta. Dengan anggaran tersebut, imbaunya, petani diharapkan lebih bijak dan memilih benih yang berkualitas untuk mendapatkan hasil panen yang maksimal.

“Secara umum, memang tak ada aturan mengenai teknis pembelian bibit. Meski demikian, kami tetap mengarahkan agar petani membeli bibit di BPTP Semarang, Kota Bengkulu untuk memperoleh bibit unggul. Sebab, pemilihan benih yang baik akan mendapatkan hasil panen yang baik pula,” demikian Zulian.

Secara keseluruhan, sambung Zulian, sebanyak 500 hektare (ha) yang terhimpun dari proposal usulan warga telah disampaikan ke Pemerintah Provinsi Bengkulu dan akan dilakukan verivikasi.

“Ada 500 hektar lahan telah siap untuk ditanam padi gogo. Semua tersebar di 10 Kecamatan se-Kabupaten Benteng. Jika tak ada aral melintang, dana bantuan akan disalurkan pada bulan Mei 2018 ini. Bagi masyarakat yang masih memiliki lahan, kami masih memberikan kesempatan. Silahkan mengajukan usulan yang diketahui oleh PPL dan Kades setempat,” demikian Zulian.(135)