Padi Diserang Hama Belas

SAWAH: Inilah hamparan sawah petani yang mulai diserang hama Belas.
SAWAH: Inilah hamparan sawah petani yang mulai diserang hama Belas.

PINO RAYA, Bengkulu Ekspress– Petani di ataran sawah ataran Binjai Desa Talang Padang dan ataran Talang Atung Desa Pasar Pino, Pino Raya saat ini resah. Pasalnya tanaman padi mereka saat ini diserang hama belas atau bintik merah.

“ Saat ini tanaman padi kami diserang hama belas,” keluh Salim (35), salah satu petani di ataran Binjai.

Salim mengatakan, ada puluhan hektar sawah di dua ataran tersebut yang diserang hama belas. Serangan hama tersebut mulai muncul satu minggu lalu. Sedangkan saat ini umur padi memasuki 1,5 bulan. Untuk mengatasinya, petani sudah Cuma membasminya menggunakna pestisida. Hanya saja, hingga saat ini belum juga berhasil dibasmi.

“ kami sudah coba dengan menyemprot pakai pestisida, namun belum juga hilang,” ujarnya.

Ditambahkan Wisdin (40) petani ataran Binjai lainnya , dengan serangan hama ini, dirinya khawatir tanaman padi petani dalam sebentar lagi akan keluar buahnya ini rusak. Akibatnya padi gagal panen. Sebab akibat serangan hama belas, tidak hanya daunnya yang merah, namun akar padi juga merah. Sehingga lama kelamaan padi akan layu dan mati.

“ Kami sangat berharap pemda Bengkulu Selatan bisa membantu kami mengatasi serangan hama tersebut agar sawah kami tidak gagal panen,” harap Wisdin.

Kepala Dinas Pertanian Bengkulu Selatan, Sukarni SP Msi melalui Kabid Tanaman Pangan, Ir Trisman MSi mengaku, dengan adanya informasi tersebut, dirinya segera memerintahkan penyuluh pertanian turun ke lapangan, agar bisa mengatasi hama tersebut.

“ Penyuluh pertanian lapangan sudah saya perintahkan mengeceknya, sehingga nanti bisa dibantu mengatasi hama tersebut,” ujar Trisman. (369)