Padang Jaya Juarai Masak Serba Ikan

APRI/Bengkulu Ekspress Bupati Bengkulu Utara, Ir Mian meninjau lomba masak serba ikan di halaman kantor Dinas Perikanan Bengkulu Utara, kemarin (28/11).
APRI/Bengkulu Ekspress Bupati Bengkulu Utara, Ir Mian meninjau lomba masak serba ikan di halaman kantor Dinas Perikanan Bengkulu Utara, kemarin (28/11).

ARGA MAKMUR, Bengkulu Ekspress – Kecamatan Padang Jaya keluar sebagai juara lomba masak serba ikan tingkat Kabupaten Bengkulu Utara (BU) dan berhak mewakili BU ke tingkat Provinsi Bengkulu.
Hanya saja, dari 19 kecamatan di Kabupaten Bengkulu Utara, hanya 9 kecamatan yang mengikuti lomba. Hal ini juga sangat disayangkan oleh Bupati Bengkulu Utara, Ir Mian.

‘’Memang yang ikut agak minim. Tapi kita belum tahu apa kendalanya. Apakah faktor cuaca yang agak ekstrem atau apa. Namun, kita yakin juga ada yang terbaik diantara peserta yang ikut ini,’’ ujar Bupati kepada Bengkulu Ekspress saat menghadiri lomba memasak serba ikan, kemarin (28/11).

Kecamatan Padang Jaya yang berhasil meraih nilai 1.245 dan bertengger di posisi pertama, sedangkan Kecamatan Giri Mulya dengan nilai 1.228 dan menduduki posisi kedua. Selanjutnya, Kecamatan Putri Hijau dengan nilai 1.220 menempati posisi ketiga.

Untuk juara harapan I, II dan III, dengan nilai, 1.191, 1.170 dan 1.168, masing-masing diraih Kecamatan Tanjung Agung Palik (TAP), Kota Arga Makmur dan Hulu Palik.

‘’Bagi peserta yang menang dan berhak mewakili lomba tingkat provinsi, cita rasa dan kreasi masakannya harus ditingkatkan lagi. Sehingga dapat mewakili Provinsi Bengkulu ke tingkat nasional,’’ ungkapnya.

Bupati menyampaikan, jika menu olahan masakan serba ikan harus diterapkan di setiap rumah tangga. Karena, ikan memiliki nilai gizi yang cukup tinggi. Kemudian, dalam pengolahan juga dapat dilakukan dengan berbagai variasi agar tidak bosan.

‘’Jangan cuma digoreng gitu-gitu aja. Banyak cara penyajian yang bisa dilakukan, namun tidak mengurangi nilai gizi dari ikan itu sendiri,’’ terang Mian.

Sedangkan 9 kecamatan yang tidak ikut lomba, yakni Lais, Ketahun, Napal Putih, Air Padang, Pinang Raya, Marga Sakti Sebelat, Enggano, Air Napal dan Air Besi.

Dalam kesempatan itu Bupati juga membagikan beberapa alat tangkap bagi para nelayan yang merupakan bantuan dari Dinas Perikanan Provinsi Bengkulu. Seperti peralatan GPS, timbangan digital, freezer serta peralatan lainnya.

Bahkan, pada kesempatan itu juga dibagikan kartu asuransi bagi para nelayan.(816)