Padang Bakung Sudah Direlokasi

MULKAN TAJUDINTAIS, BE-Persoalan pemukiman warga Desa Padang Bakung Kecamatan Semidang Alas Maras (SAM) kini kerap terendam ombak pasang, ternyama merupakan masalah baru bagi Pemkab Seluma. Pasalnya, sejak beberapa tahun lalu sebenarnya pemukiman tersebut sudah direlokasi oleh pemerintah ke tempat yang aman, di Desa Muara Maras. Namun, program pemindahan pemukiman tersebut tak diikuti warga setempat.
“Perhatian kita telah kita berikan dahulunya dengan merelokasi ke lokasi yang tidak jauh dari pemukiman itu. Kita memberikan rumah, namun hanya sebagaian warga yang mengindahkan niat baik pemerintah,” ujar Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekkab) Seluma, Drs H Mulkan Tajudin MM.
Menurutnya lagi, jika saat ini pihaknya belum bisa untuk melakukan pembagunan pemasangan dam ataupun grip pemecah ombak sepanjang 7 km di kecaamatan tersebut, mengingat memakan dana yang cukup besar. Serta harus mengusulkan Pembagunannya kepusat dan itupun bukanlah gampang melainkan harus kerja ekstra dan harus di survey terlebih dahulu. “Kita akan tetap untuk berbuat terbaik bagi warga serta akan tetap untuk berusaha untuk mendapatkaan bantuan dari pusat untuk pembagunan grip pemecah ombak,” terangnya.
Sementara itu, untuk saat ini Desa Padang Bakung masih saja digenangi air pasang, namun kondisinya mulai meyusut. Namun sayangnya warga masih tetaap untuk membutuhkan air bersih untuk keperluan minum. Selain itu, warga di seputaran lokasi juga telah terjangkit gatal gatal pada kulit mereka.
“Memang air telah surut namun air bersih tetap kami perlukan dan saat ini juga warga telah terserang gatal gatal pada kulit mereka,” terang Kades Padang Bakung, Marsang. (333)