PAD Lelang Kenas Rp 200 Juta

MEDI/BE
Petugas BPKAD menunjukkan beberapa unit kendaraan dinas yang dilelang

BENGKULU, bengkuluekspress.com – Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Bengkulu, melakukan lelang sebanyak 20 unit Kendaraan Dinas (Kenas) pada 4 Mei lalu secara online Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Bengkulu, pada 4 Mei lalu. Dari lelang kenas ini Pemda Kota Bengkulu mendapatkan pendapatan asli daerah (PAD) Rp 200 juta.

”Dari 20 unit kenas tersebut hanya 19 unit yang laku, sedangkan 1 unit Mobnas yakni Nissan Terano 2004 senilai Rp 23 juta terpaksa masih dikandangkan di gudang BPKAD kota. Mobnas dan beberapa tornas yang laku saat ini sedang proses pelunasan oleh pemenang lelang di KPKNL,” ujar Kabid Aset BPKAD Kota Bengkulu Dedi Erawan kemarin (7/6).

Dari PAD yang ditargetkan Rp 200 juta, BPKAD tampaknya akan menerima lebih, karena peserta lelang yang mengikuti proses itu cukup banyak sehingga ada beberapa kendaraan yang mendapatkan penawaran tinggi dari limit harga sebelumnya.”Kita belum tahu pastinya, tetapi saya rasa lebih dari target yang ditentukan,” ungkapnya.
Diketahui nilai limit harga terendah Rp 16 ribu roda dua Suzuki A100 tahun 1990, sebanyak 2 unit dan nilai tertinggi yakni kendaraan roda empat Toyota Avanza tipe G tahun 2009 Rp 42 juta.

“Untuk yang termurah memang sesuai dengan kondisi yang sudah tidak bisa dipakai lagi, namun masih ada kerangka dan beberapa komponen mesin yang mungkin bisa dipergunakan,” terang Dedi. Saat ini BPKAD kota tinggal menunggu hasil hitungan dari KPKNL, dan diharapkan pemenang lelang dapat menyelesaikan proses administrasi sesuai ketentuan berlaku.”Mungkin senin sudah selesai,” ujarnya.

Sedangkan untuk kendaraan yang belum laku akan diikutkan lagi pada lelang berikutnya, sambil menunggu jika ada laporan dari OPD yang akan menghapuskan aset kendaraannya yang sudah tak layak pakai. “Kita lakukan pendataan lagi diseluruh OPD, jika ada kendaraan yang tidak layak maka kita masukkan daftar lelang,” pungkasnya. (805)