Pabrik Sawit Tutup 2 Juni

BUDI/Bengkulu Ekspress JUAL TBS: Tanggal 2 Juni, wakut terakhir bagi petani di Kabupaten Mukomuko menjual TBS kelapa sawit ke pabrik karena libur lebaran.

MUKOMUKO, Bengkulu Ekspress– Kabar penting bagi petani sawit di Kabupaten Mukomuko. Pasalnya, belasan pabrik CPO yang membeli tandan buah segar (TBS) kelapa sawit petani mayoritas pada tanggal 2 Juni 2019 mulai tutup. “Mayoritas pabrik di daerah ini tutup tanggal 2 Juni. Artinya, pada tanggal 1 Juni hari terakhir membeli TBS dari petani. Ada juga pabrik yang sudah mulai tutup sejak tanggal 31 Mei 2019,”ungkap Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko, Heri Prastyono melalui Kepala Bidang Perkebunan, Erry Siagian dikonfirmasi BE, kemarin (27/5).

Menurutnya, berhentinya pabrik beli TBS petani. Ini setelah pihaknya mendapatkan jadwal dari masing-masing pabrik, khususnya yang membeli TBS petani. ”Pabrik berhenti membeli TBS petani, dalam rangka libur lebaran Idul Fitri,” ujarnya.

Disampaikannya, sebanyak enam pabrik minyak kelapa sawit, yakni PT Bumi Mentari Karya,PT Usaha Sawit Mandiri, PT Mukomuko Indah Lestari, PT Karya Sawitindo Mas, PT Gajah Sawit Sakti dan PT Karya Agro Sawitindo,PT Sapta Sentosa Jaya Abadi tutup mulai hari Minggu (2/6) dan buka lagi tanggal 10 Juni 2019.

Sedangkan dua pabrik minyak kelapa sawit, yakni PT Daria Dharma Pratama dan PT Surya Andalan Pratama berhenti beroperasi mulai hari Senin (3/6) dan buka lagi 10 Juni. Sedangkan PT Agri Mitra Karya mulai tutup tanggal 1 Juni. Artinya Jumat (31/5) terakhir membeli TBS petani dan buka kembali 9 Juni 2019. Pihaknya menyarankan petani agar segera menjual hasil panen tandan buah segar kelapa sawit sebelum pabrik CPO tersebut berhenti beroperasi menjelang Idul Fitri tahun 2019 ini.

”Masih ada waktu beberapa hari kedepan. Petani yang sudah panen agar TBS segera dijual. Sehingga tidak terjadi kerugian, dikarenakan tidak dapat dijual, dikarenakan pabrik berhenti sementara dalam rangka libur lebaran,”ungkap Erry Siagian.(900)