PA Launching Aplikasi e-Sicup

ARGA MAKMUR, Bengkulu Ekspress – Pegadilan Agama (PA) Arga Makmur kelas I B Kabupaten Bengkulu Utara melaunching aplikasi Sistem Informasi Cuti Pegawai atau (e-Sicup), Senin malam (19/8). Aplikasi ini merupakan karya Sekretaris PA Arga Makmur yang mendapat inspirasi setelah mengikuti diklat di Jakarta. Hal ini disamapaikan langsung oleh Kepala PA Arga Makmur, Drs Nasrulloh SH.

“Ya sistem aplikasi ini dibuat oleh Sekretaris kita, yang mendapat inspirasi saat mengikuti diklat di Jakarta,” kata Nasrulloh.

Karya ini pihaknya akan langsung berikan kepada Pegadilan Tinggi Agama (PTA), untuk secara resmi dilaunching oleh pihak PTA, namun sebelum diberikan tentu pihak PA Arga Makmur melaunching terlebih dahulu aplikasi tersebut. “Ini nantinya akan kita berikan kepada pihak PTA, sebelum dilaunching PTA kita launching terlebih dahulu, karena ini murni hasil karya dari Sekretaris PA Arga Makmur kelas I B,” ungkapnya.

Dengan adanya aplikasi ini, bagi seluruh karyawan PA yang ingin mengambil cuti tidak perlu repot-repot lagi untuk membuat laporan menghadap dirinya sebagai pimpinan. Cukup dengan mengisi data di aplikasi tersebut. “Jadi bagi karyawan yang ingin mengambil cuti tidak perlu lagi menghadap saya selaku pimpinan, cukup dengan mengisi data di aplikasi e-Sicup dan akan disetujui oleh saya dan aka langsung keluar surat cuti tersebut,” jelasnya.

Selain itu, dengan aplikasi ini, pimpinan otomatis tahu berapa hari dan tinggal beberapa lagi hari waktu cuti pegawai. Maka dalam hal ini pihaknya menyampaikan pentingnnya aplikasi tersebut guna memberikan pelayanan terbaik, maka ia mengimbau kepada jajarannya agar memahami hal itu.



“Karena kita selalu berkembang tentang soal pelayanan aplikasi pengembangan tekhnologi di peradilan, diharapkan seluruh karyawan/ti dapat memahami perkembangan tersebut dan jangan sampai ada alergi terhadap teknologi, karena ini sudah keharusan. Dan wajib bagi aparat peradilan untuk menguasai hal itu,” ungkapnya.

Sementara itu, pihaknya juga akan melaunching aplikasi antrean sidang online. Jadi aplikasi ini bagi masyarakat yang sedang mengikuti sidang di PA Arga Makmur tidak perlu lagi repot-repot untuk datang mengecek jadwal sidang. Cukup melalui Handphone android, baik waktu, hari kapan pelaksanaan sidang sudah lengkap semua. “Insya Allah nanti juga akan kita lakukan launching Aplikasi Antrean Sidang Online, untuk waktu dan pelaksanaannya belum dappat kita pastikan. Yang jelas PA Arga Makmur terus berbenah untuk menjadi lembaga Peradilan Modern Berbasis Teknologi Informasi untuk Melayani,” tandasnya. (127)