Over Kapasitas, Hijazi Siap Bantu Penambahan Lahan Lapas

Hijazi saat menyapa penghuni Lapas Curup
Hijazi saat menyapa penghuni Lapas Curup

CURUP, bengkuluekspress.com – Melihat kondisi Lembaga Pemasyarakatan Kelas II A Curup, over kapasitas. Bupati Rejang Lebong (RL) H Ahmad Hijazi berinisiatif membantu panambahan lahan tersebut.

“Jika kita lihat kondisi lapas ini, bukannya tidak layak, melainkan over kapasitas, yang dapat memancing tingginya emosi bagi warga binaan, karena kepadatan para penghuninya, sehingga diperlukan penambahan lapas” ujar Bupati, (28/03/2016).

Dikatakannya, meski Pemerintah Rejang lebong siap, namun harus melalui persetujuan Gubernur.

“Kita hanya siapkan lahannya saja, kurang lebih sekitar 5 hektar. Lokasinya masih kita cari terlebih dahulu,” ungkapnya.

Sementara itu, menanggapi hal tersebut, Wakil Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah mengatakan, pihaknya berharap 3 kabupaten, baik Rejang Lebong, Kepahiang maupun Lebong, agar dapat bersinergi bersama-sama menyiapkan penambahan lahan lapas ini.

“Seperti yang kita ketahui, Lapas ini ditempati oleh 3 kabupaten, Kepahiang, Lebong dan Rejang Lebong, untuk itu mereka mesti bersama-sama dapat menyiapkan ruangan untuk warga binaan yang over kapasitas,” ungkap Rohidin.

Setelah melihat kondisi lapas, Rohidin menilai perlu adanya sarana dan prasarana pembinaan seperti siraman rohani.

“Sehingga, dari warga binaan ini diharapkan dapat benar-benar berubah dari kesalahan yang telah mereka lakukan,” tambahnya. (Ade)