OSIS Tempat Pengkaderan Pemimpin

MASALAH kepemimpinan merupakan masalah yang urgen dihadapi oleh bangsa Indonesia, terutama yang berhubungan dengan sistem pengkaderan.

Munculnya¬† kriris kepercayaan dan krisis kepemimpinan yang melanda negeri ini, harus menjadi bahan renungan dan pemikiran semua pihak untuk mengatasi persoalan tersebut. “Salah satu solusinya adalah membangun sistem pengkaderan yang terprogram dan terpadu.

Seperti OSIS merupakan salah satu pilar bagi siswa untuk menciptakan pemimpin yang berkarakter,” kata Salah satu Guru SMK 2 Kaur Harpani MPd, kemarin (2/10).

Ia mengatakan, sekolah merupakan salah satu sarana yang tepat untuk membangun sistem pengkaderan yang terpadu. Lingkungan sekolah dalam lingkungan yang kondusif untuk membentuk kader-kader pemimpin siswa di masa depan

. “Lewat proses pembelajaran kontekstual, yang sedang digalakkan, seperti organisasi, dan kepemimpinan di kalangan siswa perlu ditanamkan sejak dini,” katanya.

Hal itu penting dilakukan mengingat siswa merupakan generasi muda yang menjadi tumpuan dan harapan bangsa di masa depan. wadah-wadah organisasi siswa yang ada di lingkungan sekolah perlu diberdayakan menjadi sebuah organisasi yang mampu mengembangkan bakat dan kemampuan leadership/kepemimpinan siswa.

“Kita mengadakan Kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa, sesuai Undang-undang No. 20¬† Tahun 2003 tentang sistem Pendidikann Nasional,” ujarnya.(823)