Ormas Diminta Membangun Karakter Bangsa

Ary, sosialisasi ormas (1)
ARY/Bengkulu Ekspress
Kegiatan Sosialisasi Organisasi Kemasyarakatan di salah satu hotel yang ada di Kota Curup Selasa (25/9) kemarin.

CURUP, Bengkulu Ekspress – Terkait dengan keberadaan sejumlah organisasi kemasyarakatan (Ormas) yang ada saat ini, Pemerintah Kabupaten Rejang Lebong berharap keberadaan Ormas bisa membangun karakter bangsa.

“Keberadaan Ormas kami harapkan bisa membangun karakter bangsa kita,” sampai Staf Ahli Bupati Rejang Lebong Bidang Politik, Nurafik saat membuka kegiatan Sosialisasi Organisasi Kemasyarakatan di salah satu hotel yang ada di Kota Curup, Selasa (25/9) kemarin.

Dijelaskan Nurafik, karakter bangsa yang dibangun oleh Ormas tersebut, diharapkan bisa memelihara persatuan dan kesatuan bangsa khususnya di Kabupaten Rejang Lebong.

Selain itu, Nurafik juga berharap kedepannya ada peningkatan kesadaran dan kewajiban Ormas dalam politik dan inisiatif dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara guna meningkatkan kemandirian dan kedewasaan Ormas yang ada tersebut.

“Kita juga beharap kedepannya Ormas yang ada bisa semakain mandiri, desawa dalam berbangsa dan bernegara,” pesan Nurafik.

Sementara itu, terkait dengan kegiatan yang mengambil tema Kita Wujudkan Kinerja Pemerintah dan Ormas yang Baik Untuk Mendukung Pembangunan Nasional dan Memperteguh Kebhinekaan di Kabupaten Rejang Lebong tersebut, menurut Nurafik juga merupakan merupakan implementasi terhadap peraturan Kemendagri tahun 2012 tentang pedoman pendaftaran Ormas dilingkungan Kementerian dan Pemerintahan Daerah sesuai dengan Undang-Undang Nomor 17 tahun 2013.



Sementara itu, Kepala Plh Kesbangpol Rejang Lebong, Yuli Eni SSos MM juga berharap agara adanya kesadaran dari Ormas untuk melaporkan kegiatan individu dan kelompok dimasyarakat yang dianggap mencurigakan pada aparat berwenang

“Kami berharap Ormas ikut membantu mengimformasikan kepada aparat pemerintaha atau penegak hukum apabila menemukan hal-hal yang mencurigakan ditengah-tengah masyarakat,” harap Yuli.

Selain itu, Yuli juga berharap agar Ormas yang ada di Kabuapaten Rejang Lebong untuk rutin melaporkan keberadaan mereka ke Kesbangpol Rejang Lebong untuk dilakukan pendataan. Karena dengan adanya laporan tersebut, saat Kesbangpol melakukan pembinaan dan sejumlah kegiatan lainnya, Ormas tersebut bisa dilibatkan. (251)