Orang Tua Peraih Nilai UN Tertinggi Dihadiahi Umrah

Medi/Bengkulu EkspressWalikota Helmi Hasan memberikan penghargaan kepada peraih nilai UN terbaik tingkat SMP di Kota Bengkulu

BENGKULU, Bengkulu Ekspress– Walikota Helmi Hasan SE menghadiahkan umrah pada Andiana dan Muhammad Tamrin, orang tua dari Mayang Sari siswi SMPN 1 Kota Bengkulu, yang berhasil meraih nilai tertinggi Se-provinsi Bengkulu. Orang tua mayang sari yang saat itu diundang dalam penyerahan penghargaan di SMPN 1 Kota Bengkulu tersebut diberikan opsi oleh walikota Helmi Hasan untuk mengajukan permintaan untuk dikabulkan. Sesi dialog singkat antara anak, ibu dan walikota pun terjadi.

“Saya ingin tanya bu, ibu sudah pernah umrah belum? apa yang ibu inginkan, hari ini apapun yang ibu inginkan bisa mendapatkanya.

Kalau ibunya pengen mobil, maka akan diberikan hari ini, tetapi ibunya ingin kebahagian anaknya, maka saya mengusulkan di umrahkan. Ini sebagai hadiah dari pemerintah kota Bengkulu atas jasa seorang ibu yang melatih dan mendidik anaknya hingga mendapat nilai sempurna (Nilai 100) maka ditahun ini ibu dan bapaknya kita umrah kan”, ujar Helmi Hasan di hadapan ratusan walimurid di SMPN 1 Kota Bengkulu, Rabu (29/6)

Hadiah umrah tersebut diberikan sebagai bentuk penghargaan dan rasa bangga Helmi Hasan terhadap prestasi yang telah diraih oleh salah satu siswi SMPN 1 Kota Bengkulu tersebut. Mayang Sari siswi peraih nilai tertinggi UN Se-provinsi Bengkulu dengan jumlah nilai 393,50. Dirinya juga menjadi salah satu dari enam siswa yang meraih nilai sempurna yaitu 100 pada mata pelajaran matematika. “Hadiah umrah saya berikan kepada ibu yang telah berhasil mendidik anak dengan semangat dan kerja keras,” cetus Helmi Hasan.



Ia mengaku terharu dan tidak bisa menahan air mata, Helmi tak ragu meminta resep sukses pada orang tua Mayang Sari dalam mendidik anak-anak sehingga menjadi juara umum. “Boleh saya tanya satu lagi, apa rahasianya ibu bisa mendidik anak menjadi juara umum,” tanyanya.

Andiana ibu mayang sari hanya menjawab mendoakan anaknya. Doa inilah menjadi solusi cara anak sukses. Ia mengajak kepada seluruh orang tua dan sekolah agar menjadikan agama sebagai acuan untuk mendidik anak. “Kesuksesan dan keberhasilan seorang anak sangat bergantung dari bagaimana para orang tua mendidiknya. Saat sujud, salat tahajjud mari kita doakan anak-anak kita, karena itu merupakan faktor penentu keberhasilan anak-anak, ” katanya.

Walikota Helmi Hasan pun menyerahkan piagam, dan reward pada Mayang Sari diikuti siswa/siswi peraih nilai sempurna. Suasana semakin meriah diramaikan corps drumband sekolah, serta pemberian motivasi dari alumni. Disisi lain, ibu Mayang Sari, Andiana warga kelurahan Tebeng Kota Bengkulu berusaha menahan air mata. Raut haru tampak jelas di wajahnya, sesekali terlihat menyeka air matanya dengan jilbab yang dikenakan.

Andiani tidak berhenti menyeka airmatanya Keharuan itu juga muncul akibat rasa tidak percaya karena petani sayurdengan penghasilan pas-pasan, bisa berangkat ke tanah suci. “Saya gak nyangka, gak percaya, seperti saya bisa umroh. Suami saya juga hanya petani sayuran, “. Ia hanya mengatakan, resep rahasia dalam mendidik anaknya menjadi juara adalah mendoakan anak-anaknya untuk bisa sukses seperti ini.(247)