Orang Dengan Gangguan Jiwa Marak Berkeliaran di BS

RESAHKAN: Salah satu ODGJ yang meresahkan warga sedang berkeliaran di jalan raya.

KOTA MANNA, bengkuluekspress.com – Meskipun pihak Dinas Sosial (Dinsos) Bengkulu Selatan (BS) terus melakukan penanganan terhadap orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) di jalanan, namun saat ini masih banyak yang berkeliaran dan meresahkan warga.

“Tadi (kemarin, red) lewat bahkan sampai minta air minum dengan nada memaksa,” kata David warga jalan dua jalur A Yani, Kota Manna.

Dikatakannya ODGJ ini sepertinya orang asing sebab tidak dikenali warga. Namun dengan berjalan kaki melintasi sepanjang jalanan dalam wilayah Kota Manna. Hanya saja, melihat tingkah lakunya, warga menjadi takut. Sebab dikhawatirkan, ODGJ ini ngamuk. Sebab selain pakaiannya robek- robek, juga ada yang suka ngoceh-ngoceh sendiri.

“Kami harap.pihak terkait dapat segera mengamannya sebelum semakin meresahkan warga,” harap David.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Sosial BS, Didi Ruslan MSi mengaku pihaknya terus memgawasi ODGJ di jalanan. Bahkan setiap kali bertemu langsung diamankan. Kemudian dihubungi pihak keluarganya, lalu dievakuasi ke rumah sakit jiwa Bengkulu. Hanya saja, sambung Didi terkadang tidak terpantau, sebab sebagian dari mereka ada yang didatangkan dari daerah luar oleh orang-orang tertentu.

“Kami selalu pantau, namun sepertinya ada yang sengaja mendatangkannya ke BS, kami akan terus data, jika ada yang ODGJ akan kami amankan untuk dievakuasi,” ujar Didi. (asri)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*