Optimalkan Pungutan PBB

Foto : IST

BINTUHAN, Bengkulu Ekspress– Guna memacu pendapatan asli daerah (PAD) tahun 2019 ini harus ada terobosan dari camat, dan kepala desa (Kades). Untuk itu, Kepala Badan Keuangan Daerah (BKD) Kabupaten Kaur Lawi Amrul Msi melalui Sekretaris Drs Sinarudin menginstruksikan kepada camat agar mengiatkan komunikasi dengan Kades mengenai pembayaran pajak bumi dan bangunan (PBB) perdesaan atau perkotaan.



“Harapan kita tahun ini target PBB kita tercapai, dan juga langkah ini kita lakukan untuk merealisasikan target PBB ini,” kata Sinar, kemarin (11/2).

Dikatakannya, kebijakan itu bisa berjalan asalkan semua perangkat pemerintah, mulai­dari camat, dan kadesnya bisa bekerjasama untuk menyelesaikan kewajiban pembayaran PBB masyarakat. Untuk itu ia meminta para camat agar lebih giat melakukan perkembangan tentang PBB ke SKPD teknis.

Sehingga dengan begitu akan kelihatan target dan seberapa jauh pencapaian yang telah dilakukan.“Pajak PBB ini kalau bisa dimaksimalkan nilainya cukup besar, apalagi jika di 15 kecamatan yang ada bisa berjalan dengan baik tentu akan menyumbangkan PAD yang tidak sedikit,” terangnya.

Ditambahkanya, selain memperkuat sistem pelayanan. Ia juga mengingatkan kepada OPD untuk bisa membantu dengan memperluas promosi dan imbauan kepada masyarakat agar taat pajak, sehingga kesadaran masyarakat ikut didorong.“Kita sudah engelar sosialisasi tentang taat bayar pajak ini, kita berharap tingkat sadar masyarakat makin meningkat,” harapnya.(618)




    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*