Optimalkan Pelayanan Peserta, BPJS Kesehatan Gelar Evaluasi PIPP Rumah Sakit

Curup, Jamkesnews – Bersama dengan Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan (FKRTL) yang ada di empat kabupaten yang menjadi wilayah kerja BPJS Kesehatan Curup, BPJS Kesehatan menyelenggarakan Evaluasi Pemberi Informasi dan Penanganan Pengaduan (PIPP) di FKRTL.

“Kita mengundang Person in Charge (PIC) dari semua FKRTL yang menjadi mitra kita dalam menyelenggarakan pelayanan kesehatan lanjutan di empat kabupaten yang kita bawahi, yakni Kabupaten Rejang Lebong, Kabupaten Lebong, Kabupaten Kepahiang dan juga Kabupaten Bengkulu Utara,” ujar Kepala Bidang Kepesertaan dan Pelayanan Peserta BPJS Kesehatan Cabang Curup, Wely Trisna Aprinanda.

Adapun agenda yang dibahas kali ini antara lain pelayanan informasi di rumah sakit, keluhan peserta serta tata cara perhitungan denda pelayanan kesehatan yang dikenakan kepada peserta JKN-KIS.

“Satu hal yang paling kita soroti pada kegiatan ini adalah kesiapan dan pemahaman PIC rumah sakit yang mengakses aplikasi Saluran Informasi dan Penanganan Pengaduan (SIPP). Aplikasi ini bukanlah aplikasi yang asing buat kita semua, jadi memang harapannya kita sudah bisa menggunakan aplikasi ini dengan sebaik mungkin dalam implementasi sehari-hari,” ujar Wely.

Lebih lanjut, ia juga mengutarakan bahwa aplikasi tersebut bertujuan meringankan beban rumah sakit selaku pemberi pelayanan kesehatan, BPJS Kesehatan selaku penyelenggara Program JKN-KIS ini serta peserta JKN-KIS itu sendiri.

“Hanya dengan sebuah aplikasi kita berharap semua kebutuhan kita akan informasi, keluhan dari peserta, perhitungan denda pelayanan kesehatan apabila peserta datang dengan kondisi kepesertaan yang tidak aktif karena memiliki tunggakan iuran serta pendaftaran bayi baru lahir bisa dipermudah semua urusan administrasinya. Jadi tidak ada lagi cerita harus datang ke kantor BPJS Kesehatan untuk mengurus semua urusan tersebut. Akan tetapi walaupun begitu, kantor BPJS Kesehatan akan tetap terbuka untuk mengurus semua kebutuhan administrasi pesertanya,” ujarnya.

Junaidi, salah satu peserta dari pertemuan ini mengungkapkan pentingnya kegiatan ini.

“Selaku PIC Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Curup, saya rasa kegiatan ini banyak sekali manfaatnya untuk pekerjaan sehari-hari. Selain untuk update informasi terbaru, ini juga wadah kita untuk saling memberikan masukan dan kritik yang berasal dari pasien yang kita layani selama ini,” ucapnya. (RW/ds)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*