Optimalkan Pelayanan, Kemenag Benteng Bangun Gedung PLHUT

Kepala Kemenag Benteng, H Sipuan SAg MH

BENTENG, bengkuluekspress.com – Demi mengoptimalkan pelayanan kepada masyarakat, Kemenag Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng) akan dilengkapi dengan gedung pelayanan haji dan umrah Terpadu (PLHUT).
Gedung yang berada tepat dibagian belakang kantor Kemenag Benteng, Desa Renah Semanek, Kecamatan Karang Tinggi ini ditargetkan sudah bisa melayani masyarakat pada awal tahun 2021 nanti. Saat ini, proses pengerjaannya sudah hampir selesai.

Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Benteng, H Sipuan SAg MH menjelaskan, pembangunan gedung PLHUT bersumber dari Surat Berharga Syari’ah Negara (SBSN). Ditahun 2020, hanya Kabupaten Benteng dan Kabupaten Bengkulu Selatan yang mendapat bantuan. Tujuan dari PLHUT ialah untuk memangkas birokrasi yang panjang dalam pendaftaran calon jemaah haji (CJH). Sebab, saat ini pendaftaran CJH membutuhkan waktu hingga 2-3 hari. Dimulai dari pengambilan persyaratan di Kantor Kemenag, proses melengkapi persyaratan, proses pembukaan buku tabungan di Bank penerima dana setoran haji dan proses validasi bukti setoran haji oleh ASN Kemenag Benteng.
“Insya Allah, PLHUT sudah bisa melayani masyarakat pada pertengahan Januari 2021. Sehingga, pendaftaran CJH bisa diselesaikan hanya dalam hitungan jam. Ketika pulang dari PLHUT, masyarakat sudah terdaftar sebagai CJH,” kata Sipuan.

Mendukung hal itu, lanjutnya, Kemenag akan membuat MoU atau perjanjian kerja sama (PKS) dengan pihak bank penerima dana setoran haji. Sebab itulah, PLHUT juga akan dilengkapi dengan loket pembayaran dana setoran haji yang siap melayani masyarakat.
“PLHUT juga akan ada pegawai Bank dan pegawai Kemenag yang standby melayani pendaftaran haji,” demikian Sipuan.(135)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*