Optimalisasi DD, Pasang Internet Desa

Gusnan Mulyadi SE MM
Gusnan Mulyadi SE MM

KOTA MANNA, Bengkulu Ekspress – Dalam rangka mengoptimalkan penggunaan dana desa (DD), Pelaksana tugas (plt) Bupati Bengkulu Selatan (BS), Gusnan Mulyadi SE MM menginstruksikan kepada seluruh kepala desa di Bengkulu Selatan agar memasang jaringan internet di masing-masing desa.

“ Saya instruksikan kepada seluruh kades, segera memasang internet di Desanya masing-masing,” kata Gusnan.

Gusnan mengatakan untuk memudahkan informasi, perlu ada internet di desa. Sehingga bisa digunakan sebagai upaya untuk mengakses informasi luar. Terlebih lagi saat ini kemudahan komunikasi dan informasi sudah mampu diperoleh melalui genggaman tangan atau HP.

“Untuk pemasangan internet ini tentu menggunakan biaya, sehingga bisa menggunakan DD untuk biaya pemasangan internet,” ujarnya.

Oleh karena itu, agar intruksinya dapat ditindaklanjuti oleh semua kades, Gusnan menaku akan membuat surat edaran ke seluruh pemerintah desa. Surat edaran tersebut berisikan agar memasang jaringan Internet dengan sumber dana melalui DD.

Gusnan menambahkan, ada dua faktor yang menyebabkan urgensi pemasangan internet ini sendiri yakni pertama sebagai sarana kemudahan memperoleh informasi dan yang selanjutnya adalah untuk menjadikan Internet sebagai sumber belajar bagi anak, yang diharapkan dapat memberikan wadah berkumpulnya anak dengan kegiatan yang lebih positif. “ Dengan internet dapat menyalurkan energi positif bagi kalangan anak-anak,” imbuhnya.

Gusnan menjelaskan, belakangan ini trend pola hidup anak cukup memprihatinkan. Dirinya mencontohkan ada fenomena penyalahgunaan obat batuk (Komix) dan zak adiktif lain saat ini sudah cukup mengkhawatirkan. Benda tersebut digunakan untuk mabuk-mabukan. Jika hal tersebut dibiarkan, ke depan akan melahirkan banyak generasi teler di Bengkulu Selatan.

Oleh karena itu, dirinya berharap dengan adanya jaringan internet desa mampu menjadi tempat berkumpul anak. “Untuk pemasanannya bisa di kantor desa/balai desa, berikan seluasnya kepada anak-anak untuk mengakses internet, namun tetap dikontrol, Selama untuk tujuan positif biarkan mereka menggunakan sepuasnya,” Beber Gusnan.



Gusnan berharap, kepala desa mesti terus mengoptimalisasikan dana desa untuk pembangunan infrastruktur jaringan internet, khususnya melalui Program Kementerian Kominfo yaitu Desa Broadband Terpadu. Ia menekankan, salah satu tujuan penyediaan akses internet untuk mensejahterakan masyarakat melalui pemasaran produk melalui jaringan Internet. “Dengan internet dapat menunjang peningkatan kesejahteraan warga,” demikian Gusnan. (369)