Ops Lilin, Utamakan Penerapan Prokes

GELAR PASUKAN: Kapolres Kaur Polda Bengkulu AKBP Dwi Agung Setyono SIK MH secara simbolis menyematkan pita kepada anggota, dan dilanjutkan foto bersama di depan Mapolres Kaur, Senin (21/12).

BINTUHAN, bengkuluekspress.com – Perayaan Natal 2020 dan tahun baru 2021 sudah semakin dekat. Sebagai bentuk persiapan tersebut jajaran Polres Kaur menggelar pasukan Operasi Lilin Nala 2020, Senin (21/12). Dalam operasi lilin ini sebanyak 200 personil gabungan dari Polres Kaur, TNI Satpol, PP, Linmas dan Dinas Perhubungan (Dishub) dikerahkan untuk mengamankan tempat ibadah Natal di Kabupaten Kaur. Dimana paling utama dalam pengamanan ini adalah menerapkan protokol kesehatan (Prokes) dan menghindari timbulnya klaster baru.

“Melalui apel gelar pasukan Operasi Lilin Nala 2020, kita tingkatkan sinergi Polri dengan instansi terkait dalam rangka memberikan rasa aman dan nyaman pada perayaan Natal 2020 dan tahun baru 2021 di tengah pandemi Covid-19 ini,” kata Kapolres saat memimpin upacara Gelar Pasukan Operasi Lilin Nala 2020 di halaman Mapolres Kaur, Senin (21/12).

Dikatakan Kapolres, para personil yang ikut didalam operasi lilin ini ditempatkan di berbagai titik, seperti titik yang rawan kecelakaan, rawan kriminalisasi hingga pengamanan gereja dan rumah ibadah di wilayah Kecamatan Maje dan Kaur Selatan. Juga petugas diterjunkan memiliki tanggung jawab besar untuk menciptakan rasa aman untuk masyarakat agar terhindar dari Covid-19. Sehingga kegiatan peribadatan Natal sampai malam pergantian tahun nanti, berlangsung dalam situasi aman serta kondusif.

“Untuk personel kepolisian dan gabungan akan beroperasi selama 16 hari, semua anggota yang bertugas kita perintahkan untuk melakukan tugas dengan tanggung jawab, tulus dan ikhlas,” harapnya.

Ditambahkannya, selama pelaksanaan Operasi Lilin Nala 2020 ini ia menyampaikan kepada seluruh personil pengamanan agar menjaga tempat-tempat rawan menyebarkan virus korona, jangan sampai timbulnya klaster baru setelah malam atau libur akhir tahun. Oleh karena itu, Polri menyelenggarakan Operasi Lilin 2020 mulai dari tanggal 21 Desember 2020 sampai dengan tanggal 4 Januari 2021, dengan mengedepankan kegiatan premtif dan preventif secara humanis, serta penegakan hukum secara tegas dan profesional. Tentunya dengan tetap menerapkan protokol kesehatan guna mencegah penyebaran Covid-19.

“Kita selalu melindungi masyarakat agar tidak terpapar Covid-19. Semua pihak harus menghimbau masyarakat untuk mendisiplinkan diri menjaga kesehatan dan patuhi Prokes. Pada malam tahun baru kita bersama pihak terkait akan turun untuk membubarkan kerumunan terutama di tempat keramaian seperti di beberapa objek wisata,” terangnya.

Dalam kegiatan operasi lilin nala 2020 yang dihadiri Pabung, Kadis Dinkes dan jajaran Polres itu. Juga dilaksanakan giat deklarasi pembangunan Zona Integritas menuju wilayah bebas dari Korupsi ( WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM). Selanjutnya penandatanganan perencanaan pembangunan Zona Integritas menuju WBK dan WBBM, dengan disaksikan oleh FKPD atau yang mewakili.

“Harapan kita agar semua pihak untuk mendoakan dan mendukung upaya Polres Kaur sehingga dapat tercapai apa yang kami cita-citakan demi terwujudnya pelayanan prima Kepolisian bagi masyarakat Kabupaten Kaur,” harapnya. (618)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*