Operasi Zebra, Polres RL Utamakan Edukasi dan Baksos

Personel Sat Lantas Polres Rejang Lebong saat melaksanakan Operasi Zebra Nala 2020 yang mengepankan edukasi keselamatan berlalu lintas.

CURUP, bengkuluekspress.com – Dalam pelaksanaan Operasi Zebra Nala 2020 kali, jajaran Sat Lantas Polres Rejang Lebong telah merubah cara bertindak. Dimana dalam pelaksanaan Operasi Zebra Nala 2020 ini Sat Lantas Polres Rejang Lebong mengutamakan edukasi dan kegiatan sosial.

“Untuk Operasi Zebra Nala 2020 ini, kita telah merubah cara bertindak yaitu 100 persen edukasi dan tidak ada penindakan hukum,” terang Kapolres Rejang Lebong, AKBP Puji Prayitno, SIK MH melalui Kasat Lantas IPTU Aan Setiawan SSos, MM.

Menurut Kasat Lantas, perubahan cara bertindak dengan mengutamakan edukasi dan kegiatan sosial tersebut dilaksanakan jajaran Sat Lantas Polres Rejang Lebong sejak hari kedua pelaksanaan Operasi Zebra beberapa waktu lalu. Kegiatan edukasi yang mereka lakukan seperti mensosialisasikan keselamatan lalu lintas kepada pengguna jalan.

Sosialisasi yang dilakukan oleh jajaran Sat Lantas Polres Rejang Lebong tersebut tak hanya di jalan raya saja namun menyasar disemua objek wisata yang ada di Kabupaten Rejang Lebong. Karena menurut Aan beberapa hari kemarin bertepatan dengan libur panjang Maulid Nabi Muhammad SAW, sehingga banyak pengunjung yang mengunjungi objek wisata di Kabupaten Rejang Lebong minggu kemarin.

Sosialisasi yang dilakukan tersebut baik secara langsung maupun membagi-bagikan brosur. Selain itu, pihaknya juga melaksanakan kegiatan sosial berupa pembagian masker dan sembako.

“Selain sosialisasi keselamatan berlalu lintas, kami juga mensosialisasikan pentingnya protokol kesehatan,” tambahnya.

Kemudian untuk sosialisasi di tempat-tempat wisata, menurut Aan seluruh objek wisata yang ada di wilayah hukum Polres Rejang Lebong sudah mereka datangi untuk diberikan sosialisasi. Dari kegiatan sosialisasi tersebut menurut Aan masih banyak baik pengunjung maupun pengelola wisata yang belum menerapkan protokol kesehatan.

“Sebagian ada yang sudah menerapkan protokol kesehatan, namun masih ada sebagian juga yang belum menerapkan,” papar Aan.

Di sisi lain, meskipun dalam Operasi Zebra Nala 2020 ini pihaknya mengedepannya edukasi, namun pihaknya juga sempat memberikan tindakan hukum. Tindakan hukum tersebut mereka berikan kepada para pelaku balap liar yang mereka temukan. Penegakan hukum terhadap pelaku balap liar tersebut mereka lakukan karena menurutnya kegiatan tersebut menyebabkan fatalitas yang sangat tinggi. (251)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*