Operasi Zebra Polres Kaur, Belasan Pengendara Ditilang

RAZIA: Jajaran Satlantas Polres Kaur saat menggelar operasi Zebra di jalan raya Desa Selasih Kecamatan Kaur Selatan, Senin (26/10).

BINTUHAN, bengkuluekspress.com – Guna menciptakan keselamatan, ketertiban dan kelancaran berlalu lintas, jajaran Satlantas Polres Kaur mulai menggelar Operasi Zebra Nala 2020 mulai 26 Oktober hingga 8 November 2020. Dalam operasi zebra ini pengendara nakal menjadi sasaran utama polisi.

“Operasi zebra tahun ini tanpa gelar pasukan untuk menghindari Covid-19. Melalui operasi ini kita harap mampu mendisiplinkan masyarakat dan menekan angka kecelakaan lalu lintas,” kata Kapolres Kaur Polda Bengkulu AKBP Dwi Agung Setyono SIK MH melalui Kasatlantas Polres Kaur Iptu Agus Antoni SH, Senin (26/10).

Dikatakan Kasat, dalam operasi yang akan berlangsung hingga dua pekan ke depan, dimulai 26 Oktober hingga 8 November 2020 mendatang. Operasi Zebra ini juga dirangkaikan dengan sosialisasi, penanganan dan pencegahan Covid-19. Dimana untuk sasaran utama diantaranya, surat-surat kendaraan dan admistrasi pengemudi kendaraan, pengendara dan penumpang kendaraan roda dua yang tidak menggunakan helm, pengendara kendaraan bermotor yang masih di bawah umur. Selain itu juga pengemudi menggunakan handphone, pengemudi melawan arus dan pengemudi sepeda motor berboncengan lebih dari satu orang. Untuk itu pihaknya mengimbau kepada para pengendara agar melengkapi surat-surat kendaraan bermotornya. Sebab dalam operasi ini, jajarannya akan menindak para pengendara yang melanggar peraturan berkendara untuk memberikan efek jera.

“Kita mengimbau untuk setiap pengguna kendaraan supaya selalu lengkapi administrasi dan kelengkapan kendaraan seperti SIM, STNK. Ini demi keselamatan kita dan juga orang lain,” imbaunya.

Lanjut Kasat, selain menindak pengendara yang tidak tertib aturan lalu lintas, operasi ini juga menindak pengendara yang tidak tertib Prokes. Sebab di masa pandemi kali ini, Polisi juga mendisiplinkan pelanggar yang tidak menerapkan protokol kesehatan Covid-19.

“Operasi Zebra ini digelar tujuannya agar masyarakat disiplin mematuhi aturan lalu lintas sekaligus menjaga protokol kesehatan 3M (Mencuci Tangan, Menggunakan Masker, Menjaga Jarak). Juga operasi ini nanti akan membagikan masker ke pendara,” terangnya.

Ditambahkan Kasat, dihari pertama Operasi Zebra Nala 2020 yang digelar jajaran Satlantas Polres Kaur di jalan raya Desa Selasih Kecamatan Kaur Selatan Kabupaten, dimana tingkat kesadaran masyarakat Kaur dalam tertib lalu lintas masih kurang. Hal ini terbukti, dalam sehari operasi patuh pihaknya sudah melakukan penindakan belasan pengendara.

“Razia pertama patuh nala ini sudah ada belasan pengendara kita tilang diantranya 6 BB, tiga kendraan 2 dua dan 3 STNK. Kita berharap melalui razia ini kesadaran masyarakat Kaur meningkat,” harapnya. (618)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*