Operasi Zebra, Fokus Motor Tanpa Nopol

CURUP, BE – Tahun ini Sat Lantas Polres Rejang Lebong kembali melakukan operasi Zabra 2012.  Kegiatan yang akan berlangsung sejak Rabu (28/11) hingga 14 hari ke depan tersebut, akan difokuskan pada penbertiban kendaraan tanpa nomor polisi.

“Kendaraaan tanpa nomor polisi kita curigai kerap digunakan para pelaku kejahatan untuk pencurian dengan kekerasan serta jambret,” kata Kapolres Rejang Lebong AKBP Edi Suroso, SH usai gelar pasukan operasi zebra yang melibatkan 28 personil polisi di halaman Mapolres RL, kemarin.

Meski begitu, Kapolres menegaskan, pihaknya lebih mengedepankan 40 persen preentif (pembinaan) dan 40 persen upaya preventif (pencegahan) dan 20 persen tindakan persuasif (penegakkan hukum).
“Kita berharap kesadaran berlalu lintas dengan baik itu tumbuh dari masyarakat sendiri, bukan karena warga telah mendapatkan penindakan hukum,” tegas Kapolres.
Upaya preentif dan preventif lanjut Kapolres, akan lebih banyak dilakukan dalam operasi Zebra tahun ini, salah satunya menumbuhkan kesadaran berlalu lintas di kalangan pelajar, melalui kegiatan kepramukaan saka bhayangkara, sosialisasi langsung ke sekolah-sekolah. (999)