Operasi Patuh Nala Utamakan Tindakan Kemanusiaan

patuh nala
Kapolres Rejang Lebong saat menyematkan pita operasi patuh nala 2020 dalam apel gelar pasukan Operasi Patuh Nala 2020 di aula Polres Rejang Lebong Kamis (23/4) pagi.

CURUP, bengkuluekspress.com – Terhitung sejak Kamis (23/7) kemarin jajaran Polres Rejang Lebong dalam hal ini Sat Lantas Polres Rejang Lebong mulai melaksanakan kegiatan Operasi Patuh Nala 2020. Dalam kegiatan yang akan berlangsung hingga 5 Agustus tersebut akan mengutamankan tindakan kemanusiaan yaitu preemtif dan Preventif.

“Dalam Operasi Patuh Nala 2020 ini yang kita utamakan adalah preempentif dan preventif dengan persentasenya masing-masing 40 persen, kemudian untuk 20 persennya adalah represif,” terang Kapolres Rejang Lebong, AKBP Dheny Budhiono, SIK MH didampingi Kasat Lantas Iptu Aan Setiawan SSos MM usai apel gelar pasukan Operasi Patuh Nala 2020 di aula Polres Rejang Lebong Kamis (23/4) pagi.

Menurut Kapolres, Operasi Patuh Nala 2020 yang mereka laksanakan tersebut juga sebagai bentuk sinergitas antara TNI dan Polri serta pihak-pihak terkait lainnya. Karena dalam kegiatan tersebut pihaknya juga melibatkan pihak-pihak terkait lainya.

Lebih lanjut Kapolres menjelaskan, kegiatan Operasi Patuh Nala 2020 ini dalam rangka pengamanan rangkaian Hari Raya Idul Adha tahun 2020 dengan melaksanakan pengamanan disejumlah lokas Salat Eid, tempat pemotongan dan pembagian hewan kurban.

“Selain untuk pendisiplinan berlalulintas, Operasi Patuh Nala 2020 ini juta untuk mendisiplinkan masyarakat agar mematuhi protokol kesehatan tentang Covid-19 saat berkendara dalam rangka menuju adaptasi kebiasaan baru,” papar Kapolres.

Sementara itu, Kasat Lantas Polres Rejang Lebong Iptu Aan Setiawan menjelaskan jumlah personel yang dilibatkan dalam kegiatan tersebut sebanyak 34 orang. Kemudian menurut Kasat Lantas, lokasi-lokasi kegiatan Operasi Patuh Nala 2020 ini sendiri setiap harinya akan mereka umumkan melalui media sosial.

“Sebagai upaya represhif satu hari sebelumnya akan di beritahukan melalui medsos lokasi dan sasaran kegiatannya,” ujar Iptu Aan.

Ia mencontohkan untuk hari ini, pihaknya akan melaksanakan kegiatan Operasi Patuh Nala 2020 di Jalan Merdeka Kota Curup tepatnya di depan GOR Curup sasaran Operasi Patuh Nala 2020 yang akan dilaksanakan hari ini yaitu pengendara yang tidak menggunakan sabuk keselamatan, tidak menggunakan helm, berkendara menggunakan HP dan kelengkapan surat-surat kendaraan bermotor.

“Untuk besok (hari ini), kegiatan kita laksanakan di depan GOR Curup dan dimulai pukul 09.00 WIB sampai selesai,” demikian Kasat Lantas. (ari)