Operasi Pasar, 4 Ton Beras Ludes

OP: Warga Kecamatan Kaur Utara saat mengantre untuk membeli beras OP yang disediakan Pemda bersama Bulog di hamanan Kantor Camat Kaur Utara, Kamis (18/1).
OP: Warga Kecamatan Kaur Utara saat mengantre untuk membeli beras OP yang disediakan Pemda bersama Bulog di hamanan Kantor Camat Kaur Utara, Kamis (18/1).

KAUR UTARA, Bengkulu Ekspress – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kaur bekerjasama dengan Perum Bulog Bengkulu menyelenggarakan Operasi Pasar (OP) cadangan beras pemerintah merek medium di halaman Kantor Camat Kaur Utara, Kamis (18/1). OP tersebut langsung diserbu warga. Bahkan dalam waktu tiga jam, empat ton beras ludes dibeli masyarakat setempat.

“Antusias warga cukup tinggi, kita buka pukul 09.30 WIB, sekitar pukul 11.00 WIB semua beras yang total mencapai 4 ton habis tidak bersisa,” kata Kabag Ekonomi Pemda Kaur, Ratna Suri SE, kemarin (18/1).

Dikatakannya OP ini sendiri bekerjasama dengan Bulog Bengkulu dan dalam pendistribusiannya ini melibatkan pengawasan langsung dari pihak Polsek Kaur Utara. Juga dalam OP, harga jual beras tersebut sangat murah dari harga pasar yakni Rp 9.300 per kg. OP beras murah dilakukan setelah terjadi lonjakan harga beras di pasar tradisional.

“OP beras murah kerja sama dengan Bulog dan mematok harga Rp 9.300 per kg. OP beras medium harganya standar,” ujarnya.

Ditambahkannya, OP digelar karena harga beras mengalami kenaikan yang drastis. Pemkab bersama Bulog akan terus menggelar OP sampai harga beras di pasaran normal kembali. Saat ini Pemkab Kaur masih mengajukan permintaan ke Bulog untuk menggelar OP beras murah pada hari-hari ke depan.

“OP beras tersebut bertujuan untuk menormalkan kembali harga beras di tingkat pasar, sehingga dengan kenaikan harga beras sekarang ini dapat ditekan,” jelasnya. (618)