Operasi Nala, Pelanggaran Turun

=foto Kasat Lantas Polres Bengkulu
AKP Agis Arya Denawan

BENGKULU, Bengkulu Ekspress – Satuan Lalu Lintas (Sat Lantas) Polres Bengkulu, telah selesai melakukan Operasi Keselamatan Nala 2019. Operasi yang dimulai dari 29 April sampai 12 Mei 2019 ini, menghasilkan angka pelanggaran lalu lintas masyarakat Kota Bengkulu, yang menurun jika dibandingkan tahun 2018.

“Jika berdasarkan data yang kita himpun, tahun ini relatif turun jumlah pelanggarannya dibanding tahun lalu turun sekitar 69,72 persen,” ujar Kapolres Bengkulu, AKBP Prianggodo Heru Kunprasetyo SH SIK melalui Kasat Lantas, AKP Agis Arya Denawan SIK.

Pada 2018, selama Operasi Keselamatan Nala Sat Lantas mengeluarkan surat tilang kepada 677 pelanggar lalu lintas. Tahun ini hanya 205 pelanggar lalu lintas. Lebih lanjut Kasat Lantas mengatakan, untuk jumlah teguran yang diberikan kepada pengendara roda dua dan empat mencapai 2.587 pengendara. Pengendara ditegur karena melanggar lalu lintas.

Mulai dari melawan arus sampai tidak memakai sabuk pengaman. Untuk jumlah kecelakaan, Kasat Lantas memastikan menurun jika dibanding 2018. Pada tahun sebelumnya terdapat beberapa kecelakaan yang mengakibatkan dua orang meninggal dunia, sementara untuk tahun ini memang ada kecelakaan tetapi korban hanya mengalami luka ringan. “Jumlah teguran yang kita berikan pada pengendara mencapai 2.587 pengendara,” imbuh Kasat Lantas.

Kasat Lantas menilai jumlah tilang dan teguran yang turun tersebut menandakan masyarakat Bengkulu, sudah semakin sadar untuk tertib berlalu lintas. Jika benar demikian tentunya merupakan hal yang positif untuk kedepan. Sat Lantas Polres Bengkulu mengaku terus melakukan sosialisasi keselamatan berlalu lintas di lingkungan masyarakat, perkantoran sampai sekolah sekolah.(167)