OPD Diminta Siapkan Operator Data

3. ASRI/BE
INGATKAN; kepala Dinas Kominfo BS ingatkan kepala OPD agar menyiapkan operator data, saat acara di hotel Marina, Rabu (27/11).

KOTA MANNA, BE – Sebagai upaya transparansi informasi ke publik. Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Bengkulu Selatan (BS) Ir Susmanto MM, meminta kepala organisasi perangkat daerah (OPD) menyiapkan petugas operator.

“Saya harap setiap OPD ada petugas operator data,” katanya saat Launching Publikasi Statistik Tahun 2019 dan Sosialisasi Peranan Institusi Daerah Dalam Satu Data Indonesia yang digelar Badan Pusat Statistik (BPS) BS di Hotel Marina, Rabu (27/11/).

Dikatakan Susmanto, dengan adanya operator data tersebut, maka mereka dapat mengumpulkan data kegiatan di OPD-nya masing-masing. Dengan begitu, dapat mempermudah, bagi warga yang ingin mengetahui data terkait masing-masing OPD di lingkungan Pemda BS.“Perlunya operator data di masing-masing OPD sebagai upaya untuk keterbukaan informasi publik,” ujarnya.

Susmanto menjelaskan, berdasarkan Peraturan Presiden Republik Indonesia No. 39 Tahun 2019 tentang Satu Data Indonesia. Dengan adanya satu data yang terhimpun tersebut maka akan terwujud keterpaduan perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, dan pengendalian pembangunan. Sebab hal tersebut harus didukung dengan Data yang akurat, mutakhir, terpadu, dapat dipertanggungjawabkan, mudah diakses, juga dikelola secara seksama, terintegrasi dan berkelanjutan.

“Adanya operator data ini sangat banyak manfaatnya, sehingga semua kegiatan yang kita lakukan bisa diketahui dunia luar, selain itu akan menjadi sumber informasi bagi masyarakat BS,” terang Susmanto. (369)



    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*