OP Gas 3 Kg Diserbu Warga

IRUL/Bengkulu EkspressSERBU: Warga saat berbondong-bondong menyerbu OP gas LP 3 Kg yang digelar PT KPS di Desa Pasar Baru Kecamatan Nasal, Selasa (21/5).

NASAL, Bengkulu Ekspress– Untuk mengatasi kelangkaan gas LPG 3 Kg yang saat ini terjadi di sejumlah daerah, kemarin (21/5) PT Kaur Permai Sejati bersama Dinas Koperasi Perindustrian Perdagangan dan UKM (Diskoperindag UKM) Kabupaten Kaur menggelar Operasi Pasar (OP). Operasi pasar yang digelar di Desa Pasar Baru Kecamatan Nasal Kabupaten Kaur disambut warga dengan menyerbu mobil truk yang membawa gas melon bersubsidi itu. Bahkan mereka rela antre untuk mendapatkan gas tersebut.

“Operasi pasar ini sudah kita mulai Sabtu (18/5) lalu di Kecamatan Kaur Selatan dan besok terakhir di Desa Aur Ringit Kecamatan Tanjung Kemuning. Setiap OP ini kita disiapkan 560 tabung elpji 3 kg, dan hari ini Alhamdulillah habis dibeli warga,” kata Kepala Agen PT Kaur Permai Sejati, Susi Katarina kepada Bengkulu Ekspress, kemarin (21/5).

Dikatakan Susi, OP ini merupakan program Pertamina yang digelar selama empat hari hingga besok (hari ini). Menurutnya dalam OP ini pihaknya menyiapkan 2.240 tabung gas LPG ukuran 3 Kg untuk masyarakat Kaur. Menurut Susi OP ini guna mengatasi kebutuhan elpiji 3 kg masyarakat yang mulai langka selama bulan ramadhan dan jelang Idul fitri tahun 2019 ini.

“Dalam OP ini kita jual sesuai HET yakni Rp 19.000, dan nanti kalau memang langka lagi kita akan kembali gelar OP LPG ini,” terangnya.

Kepala Diskoperindag UKM) Kaur Agusman Efendi SE MM mengaku, ia berharap melalui OP ini bisa mengatasi kelangkaan gas LPG di Kabupaten Kaur ini. Dimana dalam OP ini harga jauh lebih murah dari harga yang dijual sejumlah warung yang menembus angka di atas Rp 30 ribu.

Melalui OP stabilitas harga dapat dijaga dan tidak lagi terjadi kelangkaan. Selain itu diharapkan pula pengecer yang menjual harga di atas harga HET, tidak lagi melakukan penjualan dengan harga yang melebihi ketentuan.“Di sini kita hanya memantau pelaksaan OP saja, dan yang menyediakan gas LPG ini dari pertamina dan ini diharapkan dapat mencegah kelangkaan gas LPG di Kaur selama bulan puasa ini,” terangnya.

Sementara itu, Kapolres Kaur AKBP Arief Hidayat SIK melalui Kasat Reskrim Iptu Weli Wanto Malau S IK MH menyampaikan, OP ini dilakukan untuk mengatasi kelangkaan gas LPG 3 Kg jelang Idul Fitri ini. Juga pihaknya telah sidak dengan menyasar para pedagang dan di sejumlah distributor (penyalur) hal ini untuk mengatasi penimbunan.

“Nanti kalau didapati adanya pedagang yang nakal dengan menaikan harga sepihak ataupun mengurangi berat timbangan maka akan di tindak secara hukum. Tapi hasil operasi kita belum ditemukan dan dijual masih sesuai HET,” jelasnya.(618)