ONH Diprediksi Naik

 

CURUP, BE – Melemahnya nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika yang terjadi saat ini diprediksi akan mempengaruhi ongkos naik haji (ONH). Menurut Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Rejang Lebong, Drs H M Ch Naseh, bila rupiah melemah, dipastikan ONH akan mengalami kenaikan.
“ONH selama ini akan disesuaikan dengan nilai tukar rupiah terhadap dollar, bila tukar rupiah terus mengalami pelemahan seperti saat ini, maka dipastikan akan mengalami kenaikan,” jelas Naseh.
Menurut Naseh, ia memprediksi ongkos naik haji akan mencapai Rp 40 juta lebih. Nilai ONH tersebut tentunya mengalami kenaikan dibandingkan dengan tahun sebelumnya yaitu sebesar Rp 35 juta. Menurut Naseh, ONH sebesar Rp 35 juta dengan nilai tukar rupiah tahun lalu hanya Rp 11 ribu. “Kalau prediksi bisa mencapai Rp 40 juta, namun kita akan menunggu hasil penetapan dari pemerintah,” tambah Naseh.
Sementara itu, terkait dengan jumlah jemaah haji yang akan diberangkatkan dari Rejang Lebong. Naseh menjelaskan untuk tahun 2015 ini Rejang Lebong mendapat jatah kuota sebanyak 184 calon jemaah haji. Kuota tersebut masih sama dengan kuota pada tahun 2014 lalu.
“Memang untuk dua tahun terakhir kuota jemaah haji kita dikurangi lantaran adanya proyek pelebaran area Masjidil Haram. Kita berharap setelah selesainya proyek tersebut dapat menambah kuota untuk kabupaten kita,” harap Naseh.
Terkait dengan Animo pendaftaran haji di Kabupaten Rejang Lebong sendiri, Naseh menjelaskan, pendaftran calon jemaah haji di Kabupaten Rejang Lebong terus mengalami peningkatan. Bahkan saat ini daftar tunggunya sudah mencapai 2.597 calon jemaah haji. Dengan melihat kondisi tersebut serta tidak adanya penambahan kuota untuk kabupaten Rejang Lebong, maka mereka yang mendaftar tahun ini baru bisa berangkat pada tahun 2027 mendatang.
“Oleh karena itu, kita berharap adanya penambahan kuota sehingga daftar tunggu kita bisa berkurang,” ungkap Naseh.
Terkait dengan persiapan keberangkatan calon jemaah haji dari Kabupaten Rejang Lebong, dalam waktu dekat ini pihaknya akan melakukan pelatihan manasik haji yang akan dilaksanakan di Masjid Agung Baitul Makmur Curup, dengan menampilkan pembimbing dari Kanwil Kemenag Provinsi Bengkulu.(251)