One Seven, Tongkrongan Baru Warga Curup

Kembangkan Bahan Baku Lokal
Owner Cafe and Resto One Seven saat memotong tumpeng pada acara grand opening cafe and Resto One Seven Rabu (17/1) kemarin. Cafe and Resto ini sendiri beradal di Jalan Iskandar Ong Kota Curup.
Owner Cafe and Resto One Seven saat memotong tumpeng pada acara grand opening cafe and Resto One Seven Rabu (17/1) kemarin. Cafe and Resto ini sendiri berada di Jalan Iskandar Ong Kota Curup.

CURUP, Bengkulu Ekspress – Seiring dengan pengembangan pariwisata di Kabupaten Rejang Lebong, saat ini sejumlah usaha kuliner dalam menunjang pariwisata di Kabupaten Rejang Lebong terus bermunculan. Salah satu tempat wisata baru yang baru resmi di buka Rabu (17/1) kemarin adalah Cafe dan Resto One Seven yang ada di Jalan Iskandar Ong Kota Curup. Dalam usahanya kuliner dan coffee drinknya, One Seven akan mengembangkan bahan-bahan baku lokal yang ada di Kabupaten Rejang Lebong.

“Dalam menyajikan menu-menu, kami mengutamakan pengembangan produk-produk lokal yang ada di Kabupaten Rejang Lebong ini,” terang Owner Cafe and Resto, One Seven, Farida Ariyani disela-sela kegiatan grand opening Rabu (17/1) kemarin.

Karena dalam penyajian menu-menu nya menggunakan bahan-bahan lokal, sehingga menurut Yani, harga yang mereka berikan juga tidak akan menggali kocek yang lebih dalam bagi pelanggan nya, karena satu porsi berbahan lokal tersebut akan dihargai mulai dari Rp 15 ribu hingga Rp 17 ribu. Namun untuk menu-menu sea food dan lainnya yang bahan bakunya berasal dari luar Rejang Lebong, harganya akan sedikit berbeda dari harga menu berbahan lokal, namun tetap tidak akan menggali kocek yang lebih dalam pelanggan nya.

“Kita mengutamakan pengembangan menu lokal, karena sekarang banyak usaha kuliner diluar Rejang Lebong ini mengambil bahan baku dari Rejang Lebong, oleh karena itu mengapa orang dari luar mengambil dari kita sedangkan kita sendiri tidak mengembangkannya,” tambah Yani.

Dalam kesempatan tersebut, Yani juga mengungkapkan ada hal yang berbeda dalam penyajian kopi yang disajikan di Cafe and Resto yang berada tepat disamping Guest House 88 Curup. Dimana dalam penyajian kopi sendiri, Cafe dan Resto One Seven akan menggunakan metode grinder machine.

Dengan menggunakan metode grinder machine ini, manajemen cafe dan resto menyediakan kopi dalam bentuk biji, kemudian saat ada pelanggan yang memesan kopi, baru biji kopi yang telah disediakan tersebut diolah oleh petugas, sehingga citarasa keaslian dari kopi tersebut masih tetap terjaga. Kopi yang mereka hadirkan adalah kopi berkualitas yang dibeli langsung dari petani kopi yang ada di Kabupaten Rejang Lebong.

“Untuk tahap pertama kami baru menyediakan biji kopi Robusta asli Rejang Lebong, namun kedepan nya kita juga akan menghadirkan kopi arabika sehingga pelanggan bisa memilih jenis kopi apa yang akan mereka nikmati,” papar Aryani.

Lebih lanjut ia menjelaskan, dalam penyajian kopi ini, manajemen tidak hanya memberikan minuman kopi saja, namun akan sepaket dengan cemilan nya. Dimana cemilan yang dihadirkan bersama kopi adalah cemilan berbahan dasar hasil bumi Rejang Lebong seperti singkong, ubi jalar dan pisang namun sudah diolah sesuai dengan selera masa kini. Untuk harganya satu porsi kopi bersama cemilannya sendiri berkisar antara Rp 10 ribu hingga Rp 12 ribu.

“Dengan mengedepankan interior profile 3D, free wifi, One Seven ini sangat cocok sebagai tempat andan dan keluarga bersantai dan berbisnis sembari menikmati kuliner yang akan kami suguhkan dengan mengutamakan cita rasa kuliner khas Indonesia,” demikian Yani.(251)