Olahraga Sebelum Berhubungan, Tingkatkan Libido

SAAT wanita mengkonsumsi antidepresan, biasanya mereka akan mengalami masalah seksual yakni menurunnya gairah bercinta. Untuk membantu mengatasai masalah ini, penelitian baru menemukan solusinya yaitu olahraga.

Studi dari University of Texas yang menunjukkan bahwa peningkatan gairah bercinta terjadi jika wanita berolahraga tepat sebelum mereka melakukan hubungan seksual. Penelitian ini melibatkan 52 wanita yang mengalami penurunan gairah bercinta dan masalah seksual lain akibat mengonsumsi antidepresan.

Tiga minggu pertama penelitian, para wanita tidak berolahraga sama sekali. Mereka kemudian dibagi menjadi dua kelompok selama tingga minggu ke depan. Kelompok pertama berlorahraga sebelum berhubungan seks. Sedangkan, kelompok lain berolahraga dengan waktu yang tidak ditentukan.

Peneliti menemukan bahwa wanita yang berolahraga 30 menit sebelum berhubungan seks mengaku libidonya meningkat dan ada perbaikan dalam fungsi seksualnya secara keseluruhan.

“Olahraga ringan bisa mengaktifkan sistem saraf simpatik yang berperan mengalirkan darah ke daerah genital. Sementara itu, antidepresan justru menekan sistem saraf ini,” kata salah satu peneliti, Tierney Lorenz, seperti dilansir laman Health 24, Jumat (10/1).

Temuan studi ini juga menekankan bahwa olahraga bisa jadi cara aman dan mudah untuk mengatasi efek samping seksual akibat konsumsi antidperesan pada wanita. Selain itu, studi ini juga menambah bukti ada kaitan antara olahraga dengan peningkatan libido.

“Mengingat prevalensi efek samping antidepresan sedangkan hanya sedikit pengobatan yang bisa dilakukan, ini merupakan langkah penting untuk mengobati disfungsi seksual pada wanita yang minum antidepresan,” pungkas Tierney. (fny/jpnn)