Olahraga Itu Penting

Harmin Das [Guru Olahraga SD 5 PK]Menurut guru olahraga SD Negeri 5 Pondok Kelapa, Harmin Das, Pendidikan Olahraga mempunyai peran penting dan strategis dalam pembangunan bangsa. Pendidikan dapat menjadi sarana pengembangan olahraga di sekolah. Kalau olahraga secara teratur berdampak pada meningkatnya kebugaran. Muaranya, membaiknya kesejahteraan masyarakat yang dicanangkan sejak di SD.
“Kunci sehat itu, adalah dengan berolahraga secara teratur,” ungkapnya.
Dijelaskan Harmin, pemerintah berupaya meningkatkan kesejahteraan rakyat, khususnya melalui program membentuk remaja dan generasi muda yang sehat, dan berkarakter baik. Memberikan pengaruh yang positif untuk anak-anak, kampanye Stay away from drug ini diikuti oleh anak remaja dan pelajar.
“Anak-anak tingkat SD, SMP maupun SMA harus tahu arti sehat,” jelasnya.
Ia menegaskan, pelajar sekolah akan mempunyai kesempatan masa depan yang lebih baik, jika mereka menyadari sejak dini pentingnya masa depan. Pelajar yang baik tidak akan sia-siakan kesempatan dengan menghindari, atau tidak berpartisipasi dalam berbagai perilaku yang kurang baik.
“Misalnya menjauhi merokok, narkoba, seks bebas,” papar Harmin.
Ia menambahkan, kampanye stay away bertujuan mengurangi, atau menghilangkan dorongan keinginan para pemuda dan remaja untuk melakukan hal-hal yang negatif tersebut, juga untuk menekan risiko terjangkitnya HIV/AIDS.
“Pengetahuan remaja soal jasmani perlu terus ditingkatkan. Karena semua mengetahui olahraga cara mengisi waktu para remaja positif,” terangnya.
Dari pendidikan tingkat SD, akan diberlakukan kepada anak-anak sehingga cinta sehat dan tidak ingin sakit secara jasmani. Mengingat kesehatan itu penting, suatu keseimbangan untuk fisik dan rohani anak generasi muda.
“Bina fisik juga dapat mendukung siswa untuk berprestasi, jadi harapannya dengan olahraga anak-anak akan mendapatkan segalanya,” tutupnya. (111)