Oktober, 200 Unit Rumah Trans Selesai Dibangun

RUMAH TRANSMIGRASKOTA BINTUHAN,BE– Diperkirakan bulan Oktober tahun ini pembangunan rumah trans sebanyak 200 unit selesai dibangun. Mengingat Pemerintah Pusat terus mengucurkan dana sebesar Rp 10 miliar ke Kabupaten Kaur untuk pembangunan 200 unit rumah transmigrasi Kedataran Kecamatan Maje serta jalan dan fasilitas umum lainnya.
“Kita sudah targetkan bulan Oktober selesai dibangun, karena bulan November itu sudah ditempati oleh warga tran,” kata Kepala Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Drs Edi Suardi B didampingi Kabid Transmigrasi, Yulian Efendi ST, kemarin.
Dikatakannya, pembangunan lokasi transmigrasi tersebut sudah tidak ada kendala lagi, temasuk juga pembebasan lahan masyarakat. Untuk satu kepala keluarga (KK) trasmigrasi akan mendapatkan 1 rumah dan tanah seluas 1,5 hektare. Lahan tersebut dibagi dua, untuk lokasi rumah dan perkebunan seluas 1,4 hektare. “Sekarang sudah dilakukan pembangunan sekitar 30 persen, mulai dari pembukaan jalan hingga pembangunan rumah,” jelasnya.
Dari 30 persen pembangunan yang sudah berjalan yakni pembangunan 200 unit rumah, jalan poros 3 KM, jalan desa 6 KM , sementara fasilitas umum seperti sekolah, masjid dan sarana air minum, jembatan akan dibangun kemudian. “Saat ini satu persatu item sedang dikerjakan, dalam kurun waktu 3 bulan ke depan akan selesai,” jelasnya.
Ditambahkan Edi, warga asal jawa yang akan menempati sudah ditentukan sebanyak 50 KK. Rinciannya dari Kabupaten Bogor Jabar sebanyak 10 KK, Kabupaten Kuningan Jabar sebanyak 15 KK, Kabupaten Karang Anyar Jateng sebanyak 10 KK, Kabupaten Pati Jaten sebanyak 5 KK dan Kabupaten Madiun Jatim sebanyak 10 KK. Sedangkan 50 KK dari trans lokal masih dilakukan evaluasi.
“Sementara Lalu 100 KK lagi akan dilakukan pada tahun 2014 mendatang, walupun sebenarnya rumah trans sudah dibangun 200 unit tahun ini,” jelasnya.(823)