OJK Optimis Bank Bengkulu Mampu Penuhi Modal Inti

BENGKULU, bengkuluekspress.com – Kepala Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Provinsi Bengkulu, Tito Adji, optimis Bank Bengkulu mampu memenuhi kewajiban modal inti sebesar Rp 1 Triliun pada Desember 2020 mendatang.

Tito mengatakan, berdasarkan keterangan Dirut Bank Bengkulu sudah ada sejumlah investor yang melirik dan sudah menjalin komunikasi dengan pihak Bank Bengkulu.

“Mereka (Bank Bengkulu) menyatakan akan mampu memenuhi modal inti pada bulan Desember 2020 ini,” kata Tito, Kamis (5/11).

Tito mengungkapkan, jika hingga akhir tahun Bank Bengkulu tidak dapat memenuhi kewajiban modal inti sebesar Rp 1 triliun maka akan terancam turun menjadi Bank Perkreditan Rakyat (BPR).

“Kekurangannya untuk memenuhi modal inti itu sekitar Rp 150 miliar lagi. Tapi kita yakin dan optimis bahwa Bank Bengkulu bisa menyelesaikan kekurangan tersebut sampai dengan akhir tahun ini,” ungkapnya.

Ia menambahkan, OJK sendiri telah berusaha mendorong Bank Bengkulu agar dapat memenuhi modal inti tersebut. Salah satunya meminta seluruh Pemerintah Daerah yang menjadi pemegang saham bank ini untuk menambah dana setoran modal.

“Tetapi mengingat saat ini masih dalam kondisi pandemi Covid-19, sehingga seluruh anggaran Pemda harus dipangkas dan difokuskan untuk penanggulangan virus Covid-19,” tutupnya. (HBN)