Odot Santuni Anak Yatim dan Duafa

Odot (1)
IST/Bengkulu EkspressĀ 
Komunitas Cinta Sedekat Odot Bengkulu menyalurkan bantuan paket sembako dan uang santunan kepada anak yatim dan duafa, kemarin (27/5).

BENGKULU, Bengkulu Ekspress – Komunitas One Day One Thousand (Odot) Bengkulu kembali menyantuni anak yatim dan kaum duafa, kemarin (27/5). Komunitas Cinta Sedekah ini memberikan 300 paket sembako kepada duafa dan uang santunan kepada 75 anak yatim dan para santri.

“Kegiatan ini sekaligus memperingati Haji jadi Odot yang ke-2. Untuk duafa kita berikan paket sembako senilai Rp 100 ribu, kalau untuk santri dan yatim kita beri uang santunan Rp 50 ribu per anak,” kata Ketua Odot Bengkulu, Nurmala Dewi.

Ia bersyukur bahwa dengan berdirinya Odot di Bengkulu ini dapat diterima oleh masyarakat dan memberikan manfaat kepada orang-orang yang membutuhkan bantuan, karena banyak para donatur atau para dermawan yang ingin menyalurkan sedekahnya melalui Komunitas Odot. Bahkan, dalam 2 tahun ini Odot sudah melakukan kegiatan sebanyak 40 kali, baik event besar maupun bantuan bulanan. “Ramadan tahun 2017 lalu kita serahkan 200 paket, kemudian bakti sosial sebanyak 75 panti jompo dan masih banyak lagi. Alhamdulillah tahun ini sedekah yang kita berikan meningkat,” ungkapnya.

Nurmala juga mengatakan bahwa tujuan Odot ini untuk memberikan contoh sekaligus menggerakkan hati masyarakat agar mau bersedekah. Odot memiliki anggota tetap 145 orang, satu orang anggota bersedekah 1 hari sebesar Rp 1000. Setelah terkumpul, baru disalurkan setiap bulannya secara rutin kepada warga yang kurang mampu, anak yatim, para santri, panti jompo dan lainnya.

“Kita juga membantu warga yang sakit, butuh operasi dan butuh biaya. Itu biasanya Odot membantu. Bahkan kita langsung mengunjungi ke rumahnya atau ke rumah sakit. Karena dana itu harus terus disalurkan, tidak boleh lama-lama terpendam,” jelasnya.

Selain itu, komunitas Odot ini sendiri memberikan kesempatan kepada siapa saja yang ingin bersedekah tanpa harus menjadi member tetap, dan tidak membatasi apapun bentuk barang atau berapapun uang santunan yang akan disedekahkan.

“Seperti event Ramadan ini, tiba-tiba banyak yang mau ikut kegiatan Odot berbagi, ada yang nyumbang 10 paket, 50 paket, dan seterusnya. Artinya tidak ada batasan, siapa saja boleh bergabung di Komunitas Cinta Sedekat Odot ini,” tutupnya. (805)