Objek Wisata di Bengkulu Segera Dibuka

Foto IST/ BE – Gubernur Bengkulu Dr. H. Rohidin Mersyah saat mengunjungi objek wisata bunga Rafflesia beberapa waktu lalu.

BENGKULU, bengkuluekspress.com – Pemerintah Provinsi Bengkulu segera membuka kembali objek wisata yang selama ini ditutup karena adanya kebijakan pembatasan sebagai dampak pandemi Covid-19. Hal itu diungkapkan Gubernur Bengkulu Dr. H. Rohidin Mersyah, Jumat (19/6).

Rohidin mengatakan, untuk tahap awal pihaknya akan membuka kembali kunjungan objek wisata. Terutama objek wisata yang sifatnya alam terbuka di Provinsi Bengkulu

“Objek wisata yang sifatnya alam terbuka seperti Benteng Marlborough, wisata alam akan segera kita buka kembali,” ujar Rohidin.

Menurut Alumnus IPB itu, dibukanya kembali objek wisata ditempat terbuka ini karena kemungkinan interaksi antar pengunjung rendah. Sehingga protokol kesehatan bisa tetap diterapkan.

Diakui Rohidin, tim gugus tugas percepatan penanganan Covid-19 Provinsi Bengkulu bersama jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Fokopimda) telah menyiapkan lima tahapan dalam upaya menuju masyarakat Bengkulu yang produktif dan tetap aman dari penularan Covid-19 dalam berbagai sektor. Mulai dengan pemetaan zona penularan Covid-19 di sembilan kabupaten dan satu kota di Provinsi Bengkulu.

Tahap selanjutnya yakni sosialisasi, edukasi dan promosi yang terus-menerus dilakukan sehingga jangan sampai masyarakat abai untuk mematuhi protokol kesehatan.

“Kemudian tahap untuk memastikan sarana prasarana kesehatan tersedia dan mampu menangani kalau terjadi kasus,” pungkasnya.

Tahap keempat, tambah Rohidin yakni penerapan kebijakan komunikasi publik yang menyeluruh dan tahap terakhir yakni tahap menuju masyarakat produktif yang aman dari Covid-19 atau normal baru.

“Sehingga pada akhirnya nanti masyarakat disiplin, bisa normal kembali beraktivitas sebagaimana biasa, tapi aman dari Covid-19 sembari kita menunggu petunjuk dari pusat,” tutup Rohidin. (HBN)