Penderita TBC di Mukomuko Turun 30%

tbcMUKOMUKO, BE – Kabar penting bagi masyarakat khususnya penderita penyakit TBC. Pasalnya penderita tersebut tidak perlu  mengeluarkan uang sepersen pun khususnya untuk mendapatkan obat. Karena  obat itu telah dibiaya oleh pemerintah.
“Bagi penderita TBC silakan mendatangi puskesmas terdekat untuk mendapatkan obat dan tidak dipungut biaya,” demikian Plt Kadinkes, Sabrin melalui Kabid Pencegahan Penyakit Menular dan Penyehatan  Lingkungan, Riswandi Dani SKM.

Untuk mengobati penderita TBC itu perlu dilakukan pengobatan hingga 6 bulan dan obatnya terbilang mahal. Penyakit itu cukup berbahaya dan bisa langsung menyebar. Baik itu dari batuk dan bersin dimana orang yang berada  di dekat warga penderita TBC itu bisa langsung tertular.

Ciri-ciri penderita TBC diantaranya batuk lebih dari 2 minggu,badan lemas,lesu,berat badan berkurang, berkeringat pada malam hari tanpa ada aktifitas. Untuk mencegah penyakit tersebut harus menjaga kebersihan dan jangan mendekati orang yang tengah bersin dan mempunyai ciri-ciri penyakit tersebut , khusus bagi anak-anak supaya rutin melakukan imunisasi dan lengkap.

Terhitung akhir tahun 2012 lalu penderita TBC mencapai 260 orang. Dengan rincian 193 kasus TBC dengan pemeriksaan laboratorium positif, 48 negatif,  2 ektra paru dan 17 orang TBC yang diderita pada anak-anak.

“Kasus penderita TBC ini mengalami penurunan jika dibandingkan tahun 2011 lalu yang berjumlah sebanyak 262 kasus,”bebernya. (900)