#NyalaUntukYuyun, Aksi Solidaritas untuk Korban Pemerkosaan di Rejang Lebong

#NyalaUntukYuyun

bengkuluekspress.com – #NyalaUntukYuyun menjadi trending topic di media sosial, twitter. Tagar tersebut sebagai bentuk keprihatinan dan perlawanan kasu pemerkosaan yang dialami Yuyun (14), salah satu siswi SMP di Kecamatan Padang Ulak Tanding Kabupaten Rejang Lebong. Yuyun diperkosa dan dibunuh oleh 14 pemuda dan dibuang ke dalam jurang.

Para netizen menghujat aksi keji yang dilakukan oleh para pelaku pemerkosa yang sebagaian dari mereka juga masih dibawah umur.

?Sebagai aksi solidaritasnya musisi dan pencipta lagu Kartika Jahja melalui akun @kartikajahja mentweet ‘Mari kita bantu naikkan kasus Yuyun jd perhatian publik. Nyalakan api solidaritasmu… #NyalaUntukYuyun’

Akun lain @_NanaKu_ mentweet ‘Yuyun, a 14 years old girl was raped by 14 drunk boys. Let’s pray and speak up for Justice! #NyalaUntukYuyun’

Aksi simpatik lainnya juga disuarakan lewat drama musikal Bersama Lindungi Anaka oleh SIMPONI (Sindikat Musik Penghuni Bumi) di Gedung Serbaguna STMIK Atma Luhur Pangkal Pinang, Bangka pada Minggu (01/05/2016).

Dukungan lain juga terus mengalir melalui #NyalaUntukYuyun di twitter.

Yuyun adalah korban pemerkosaan oleh 14 pemuda di Warga Desa Kasie Kesubun Kecamatan Padang Ulak Tanding (PUT) Rejang Lebong. Ia ditemukan oleh warga setempat di dalam jurang dalam keadaan tak bernyawa, Senin pagi (04/04/2016). Yuyun ditemukan dalam keadaan bugil dengan tangan terikat.

Selang 3 hari pihak kepolisian berhasil mengungkap 14 pelaku pemerkosaan. Dari keterangan pelaku, sebelum melakukan aksi bejatnya mereka mengkonsumsi minuman keras jenis tuak. Seluruh tersangka saat ini sudah ditahan. (Dil)