Nuansa Samba Iringi Kedatangan Trofi Piala Dunia

030756_108306_piala_duniaJAKARTA – Trofi asli Piala Dunia tiba di Jakarta, Senin (6/1). Trofi yang dibuat pria asal Brazil itu Silvio Gazzaniga itu mendarat di Bandara Halim Perdanakusuma Jakarta, sekitar pukul 10.00 dengan menggunakan pesawat yang didesain secara khusus.

Trofi Piala Dunia ini akan berada di Indonesia selama tiga hari, yakni 6-8 Januari 2014. Rencananya, Trofi yang memiliki berat 6,175 kilogram itu akan dibawa ke Istana Negara, lalu ke Jakarta Convention Centre untuk diperlihatkan ke publik Indonesia.

Tapi sebelumnya, trofi Piala Dunia ini diperkenalkan ke jurnalis olahraga di Hotel Mulia Senayan Jakarta. Seolah ingin mendekatkan jurnalis ke Brazil, acara konferensi pers kedatangan Trofi Piala Dunia dibuka oleh hentakan drum samba.

Tak lama kemudian, empat penari yang juga berpakaian khas Brazil menari lincah tarian samba. Panggung konferensi pers itu pun penuh dengan nuansa Brazil.

“Kami membawa kembali trofi ini ke Jakarta karena passion masyarakat Indonesia terhadap Piala Dunia sangat tinggi. Warga Jakarta bisa merasakan langsung semangat Piala Dunia,” kata Martin Gill President Director Coca-Cola Indonesia.

Kedatangan trofi Piala Dunia di Indonesia adalah rangkaian dari FIFA World Cup Trophy Tour 2014 yang digelar oleh Coca-cola selaku offisial sponsor dari FIFA World Cup.

Trofi Piala Dunia telah melakukan perjalanan panjang. Dimulai dari patung ikonik Christ the Redeemer di Rio de Jeneiro Brazil, Trofi tersebut telah melalui perjalanan panjang sejauh 149 ribu kilometer.

Di akhir Desember, trofi ini tiba di kawasan Asia Tenggara, dimulai dari Myanmar, Thailand, Vietnam dan Malaysia. Indonesia adalah negara ke-57 dari 90 negara yang akan disinggahi trofi tersebut.

Trofi Piala Dunia ini ikut dikawal oleh Dwight Yorke, mantan pemain Manchester United yang merupakan Duta FIFA World Cup 2014.

“Membawa Trofi Piala Dunia FIFA merupakan memen bersejarah. Saat-saat tersebut sungguh membuka mata saya, Trofi ini memiliki makna mendalam bagi banyak orang,” ujar Yorke. (abu/jpnn)

Jadwal Trofi Piala Dunia di Indonesia

6 Januari
Tiba di Halim Perdanakusumah Jakarta pukul 10.00 WIB
Diperlihatkan ke jurnalis olahraga di Hotel Mulia Senayan, pukul 15.00 WIB

7 Januari
Dibawa ke Istana Negara, pukul 08.00-09.00 WIB
Dibawa ke Jakarta Convention Centre (JCC) pukul 20.30 WIB (Bisa Dilihat Warga Jakarta)

8 Januari
Dibawa ke Jakarta Convention Centre (JCC)