November, 348 Unit Mesin Konverter BBM ke BBG Siap Dibagikan ke Nelayan

FOTO IMAN/ BE – Kadis DKP Kota Bengkulu, Syafriandi.

BENGKULU, bengkuluekspress.com – Pemerintah Kota Bengkulu melalui Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) akan membagikan 348 unit mesin konverter Bahan Bakar Minyak (BBM) ke Bahan Bakar Gas (BBG) ke nelayan di Kota Bengkulu. Mesin tersebut merupakan bantuan dari Kementerian Sumber Daya Mineral dan sudah dilakukan tanda tangan MoU di Yogyakarta beberapa waktu lalu.

Dijadwalkan, pada 24 November sampai 1 Desember mesin tersebut bakal dibagikan ke seluruh nelayan dengan kriteria nelayan memiliki mesin. Nantinya, mesin lama yang menggunakan BBM akan diganti dengan mesin menggunakan BBG karena memiliki manfaat lebih dari program konversi BBM ke BBG bagi nelayan.

“Kita harus memberikan pemahaman bahwa BBG ini lebih murah, aman, dan ramah lingkungan. Ini semua harus kita sosialisasikan dengan baik kepada masyarakat nelayan. Meski jumlah ini belum bisa mengakomodir seluruh nelayan, namun pada tahun depan Insyallah akan kita ajukan kembali agar semua bisa mendapatkan kemudahan itu,” jelas Kadis DKP, Syafriandi, Selasa (06/10).

Program konversi BBM ke BBG untuk nelayan merupakan amanat Peraturan Presiden Nomor 38 Tahun 2019 tentang Penyediaan, Pendistribusian, dan Penetapan Harga LPG (Liquified Petroleum Gas) Tabung 3 Kg untuk Kapal Penangkap Ikan bagi Nelayan Sasaran dan Mesin Pompa Air bagi Petani Sasaran.

Syafriandi menargetkan, pada tahun depan seluruh nelayan yang memenuhi kriteria bisa mendapat bantuan mesin BBG ini. Pihaknya berencana akan kembali mengajukan bantuan mesin BBG sebanyak kurang lebih 700 unit ke Kementerian ESDM. (Imn)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*