Nokia Luncurkan Ponsel Kamera 41 Megapiksel

NEWYORK – Produsen ponsel Nokia meluncurkan smartphone terbarunya di generasi Lumia. Hebatnya, ponsel baru ini dibekali kamera 41 megapiksel yang bisa menangkap obyek lebih detail dari yang bisa dilihat mata.

Ponsel itu akan dijual AS yang dimulainya beredar di New York, Kamis (11/7), menyusul di Eropa dan China pada minggu mendatang.

Menurut couriermail (12/7), smartphone Nokia Lumia 1020, dengan enam lensa fisik dan optical image stabilization mampu menghasilkan beberapa gambar yang mungkin paling tajam dipotret kamera digital.

“Menggunakan fitur yang disebut capture ganda, Lumia 1020 bisa secara bersamaan mengambil gambar resolusi tinggi 38 megapiksel dengan opsi edit, dan gambar lima megapiksel untuk berbagi di jejaring sosial,” kata sumber Nokia.

Tony Cripps, analis di perusahaan riset Ovum, mengatakan perangkat baru Nokia ini menetapkan patokan baru untuk rekayasa smartphone high-end. “Tapi perusahaan tetap harus mengatasi rivalnya, akibat adopsi yang telat dari Windows Phone,” ujar Cripps.

Nokia telah menyaksikan kejayaannya memudar di masa lalu di bawah tekanan persaingan dari Apple dan pembuat ponsel Asia. Microsoft dan Nokia  pun bergabung sekitar dua tahun lalu dalam sebuah aliansi yang bertujuan membuat terobosan dengan handset didukung perangkat lunak Windows Phone.

Kantar Worldpanel Comtech melaporkan dari survei baru-baru ini, Windows Phone 8 yang diperkenalkan tahun lalu mengalami peningkatan pangsa pasar AS menjadi 5,6 persen dari 3,8 persen.  Sementara pangsa pasar smartphone global Nokia kemungkinan akan tergelincir ke sekitar tiga persen tahun ini. (nam/esy/jpnn)