Nokia Akhiri Era OS Symbian

nokia-logoFINLANDIA–Produsen ponsel Nokia menyatakan akan mengakhiri era OS Symbian di perangkat buatannya. Nokia melakukan transisi perangkat lunak produk besutannya dengan OS Windows Phone milik Microsoft.

Nokia PureView 808 adalah perangkat baru terakhir yang masih memakai OS Symbian. Pabrikan ini sebelumnya telah memberikan label Q4 2012 pada OS gadgetnya yang bermakna kuartal terakhir untuk Symbian.

“Selama transisi kita ke Windows Phone hingga tahun 2012, kami masih mengirimkan perangkat berbasis Symbian,” kata sumber perusahaan itu seperti dilansir Telegraph (24/1).

OS Symbian adalah sistem operasi ponsel terbesar di dunia dan digunakan dari tahun 1998 oleh berbagai merek ponsel dunia seperti Nokia, Ericsson, Motorola, dan Psion. Nokia mengambil kontrol penuh Symbian Ltd setelah melakukan akuisisi pada 2008.

Namun, munculnya sistem operasi OS Apple dan juga Blackberry kemudian meruntuhkan kejayaan Nokia. Apalagi ditambah dengan munculnya ponsel-ponsel baru dengan OS Android yang semakin menenggelamkan produk-produk Nokia.

Symbian OS merupakan perangkat yang menyediakan kendali penuh atas semua aplikasi. Aplikasi dalam perangkat Symbian tidak berjalan sendiri di latar belakang tanpa sepengetahuan pemilik handset seperti halnya perangkat Android.

Ada banyak aplikasi yang tidak diinginkan di Android dan tidak bisa dihentikan secara permanen tanpa menguninstall mereka. (Esy/jpnn)